PROPOSAL USAHA
KRIPIK SINGKONG
Di susun sebagai tugas
UTS Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Dr.
Drs. Sukirman S.pd. SH. MM
Disusun
oleh :
Nama
: Elza Nurmahendra Muhammad
Nim
: 201511068
Kelas
: Paralel
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
MURIA KUDUS
2016/2017
ABSTRAK
Peluang usaha kuliner merupakan jenis usaha yang
cukup menjanjikan. Salah satu allternatif kuliner yaitu kripik singkong yang dibuat dari singkong. Keberadaan usaha
kuliner kripik singkong ini dimaksudkan
untuk membantu peningkatan kebutuhan ekonomi dan Permasalahan ini kemudian
memunculkan ide akan sebuah peluang usaha.
Usaha ditujukan sebagai sarana untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan. Disamping itu, inovasi ini juga dimaksudkan untuk memberikan rasa yang berbeda bagi orang-orang yang ingin menikmati makanan ini. Penginovasian makanan ini akan dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan ekonomi serta membuka usaha pembuatan produk yang berorientasi sosial dan ekonomi..
Usaha ditujukan sebagai sarana untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan. Disamping itu, inovasi ini juga dimaksudkan untuk memberikan rasa yang berbeda bagi orang-orang yang ingin menikmati makanan ini. Penginovasian makanan ini akan dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan ekonomi serta membuka usaha pembuatan produk yang berorientasi sosial dan ekonomi..
Kesempatan bagi kami untuk
membuat usaha makanan kecil ( ringan ) dengan banyak orang yang suka
makanan-makanan kecil, saya yakin usaha kami akan berhasil dan menguntungkan Pilihan sebuah usaha
yang tepat sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha. Dalam laporan
wirausaha, penulis mencoba mengamati sebuah usaha yang bergerak dibidang
makanan ringan. Keripik singkong sebagai salah satu makanan ringan yang disukai
banyak orang merupakan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia,
Hal ini menjadikan penulis tertarik untuk mempelajari bagaimana cara usaha
pembuatan keripik singkong.
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Keripik singkong merupakan
salah satu produk makanan ringan yang banyak digemari konsumen. Rasanya yang
renyah dan murahnya harga yang ditawarkan menjadikan produk tersebut sebagai
alternatif tepat untuk menemani waktu santai Anda bersama rekan dan
keluarga.Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, kinikeripik singkong
mulai diinovasikan berbagai varian rasa,seperti keripik singkong pedas dengan
beberapa tingkatan level.. Meskipun trend tersebut belum lama dikenal
masyarakat luas, namun perkembangannya sudah sangat pesat, sehingga banyak
produsen keripik singkong mulai beralih jalur dengan menambahkan ekstra pedas
pada produk keripik yang diciptakannya.Sejatinya, produk keripik singkong pedas
bukan barang baru bagi masyarakat Indonesia. Namun dengan menambahkan sedikit
inovasi dalam hal peningkatan level rasa pedas yang ditawarkan, kini keripik
tersebut banyak dicari konsumen dan menjadi salah satu peluangbisnis menarik
yang menjanjikan untung besar bagi pelakunya.
1.2 Tujuan Pengembangan ProyekDalam rangka
meningkatkan pendapatan Keluarga pada saat krisis ekonomi yang berkepanjangan
seperti saat ini diperlukan usaha usaha yang bersifat Agresif, Kreatif, Penuh
perhitungan dan Berorientasi Pasar. Usahatersebut juga diharapkan mampu
memberikan peluang kerja bagi tenaga kerja potensial yang saat ini jumlahnya
sangat melimpah baik itu angkatan kerja baru maupun angkatan kerja yang oleh
karena kondisi perekonomian Makro terpaksa harus menganggur akibat tidak adanya
kesempatan bekerja atau terkena PHK.Dengan demikian tujuan dari pengembangan
Proyek itu sendiri ada dua yaitu dari Aspek Ekonomi dan dari Aspek Sosial,
Aspek Ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan, sementara Aspek sosial
adalah sedikitnya untuk membantu Masyarakat dalam mengatasi Pengangguran.
1.3 Studi Kelayakan ProyekDari Pengamatan
Langsung di lapangan, keripik singkong yang kami produksi sangat digemarioleh
konsumen, terutama para remaja karena mempunyai rasa khas yang membedakan
dengan produkserupa lainnya. Maka dapat diambil kesimpulan sementara bahwa
singkong cukup laris dan memasyarakat serta dari segi Ekonomi layak untuk
dijadikan Produk yang akan dipasarkan. Data tersebut juga ditunjang oleh data
yang meningkat dari para distributor yang memesan langsung keripik singkong
untuk dijual kembali.Dengan mengambil Asumsi bahwa Produksi Keripik Singkong
ini berjalan dengan baik, dimana pada tahap awal branding dan penjualan produk
kami langsung menarik konsumen dari segi kemasan maupun kualitas rasa dan
bahannya
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
Nama usaha : produsen kripik singkong
Tempat usaha : desa sukolilo kecamatan sukolilo pati
Nama pemilik : elza nurmahendra Muhammad
Tahun berdiri : 2017
Bahan baku : singkong
1.pemasaran
keripik singkong
Untuk pelaku
bisnis yang bergerak dalam bidang pemasaran mekanan ringan dapat melakukan
menawaran untuk pemasaran keripik singkong.
Adapun jenis
yang di sediakan adalah sebagai berikut :
a.
Keripik singkong original
b.
Keripik singkong balado
c.
Keripik singkong jagung
d.
Keripik singkong padas manis
e.
Keripik singkong keju
2. Wilayah
pemasaran
Untuk saat ini
wilayah pemasaran keripik singkong berada di desa sukolilo. Bagi para peminat
yang berkainginan dapat mampit ke outlete terdakat
BAB III Struktur Organisasi

BAB IV PRODUK USAHA
Produk
yang direncanakan untuk di produksi adalah keripik singkong aneka rasa. Keripik
yang telah akan di produksi akan di pasarkan dengn di kemas dalam plastic
ukuran kecil, sedang, besar dan extra besar.sudah terbukti bahwa produk yang
terbuat dari extrak singkong ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untul
proses metabolism tubuh. .kripik ini dibuat dari singkong pilihan. Cemilan ini
akan kami kemas semenarik mungkin agar mampu menarik minat masyarakat untuk
mencobanya dan akhirnya menjadikankripik singkong ini sebagai cemilan di rumah
mereka. Produk yang kami tawarkan adalah cemilan baru dan tentunya lebih sehat
dibandingkan cemilan-cemilan yang ada di pasaran karena tidak mengandung bahan
kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Di samping itu, kami berusaha menyajikan
produk dengan penyajian menarik dan kemasan yang higienis. Dengan demikian kami
dapat memenuhi harapan masyarakat dalam menyajikan cemilan yang menyehatkan dan
bebas dari bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia Banyak jenis
cemilan yang biasa dikonsumi oleh masyarakat, mulaidari snack yang mengandung
banyak perasa buatan bahkan pewarna sitensis yang tidak baik untuk kesehatan
kita. Padahal masih banyak jenis cemilan lain yang sehat bagi tubuh kita,
seperti gethuk, kripik tela, tape tela, dan tela goreng yang berbahan baku dari
singkong, cemilan ini tentu lebih menyehatkan dibanding dengan cemilan yang
mengandung zat-zat berbahaya.Banyaknya usaha kecil dan menengah yang
memproduksi makanan ringan/cemilan berbahanbaku singkong, seperti tape
singkong, gethuk, telatela, dan kripik singkong, telah menginspirasi kami untuk
memanfaatkan singkong untuk diolah menjadi cemilan merupakan salah satu bentuk
untuk mengatasi. Cemilan ini merupakan salah satu jawaban atas keinginan
masyarakat yang menginginkan cemilan yang lezat, enak, dan berbeda dengan yang
lain namun tetap memperhatikan aspek kesehatannya, karena tidak mengandung zat-zat
berbahaya
BAB V ASPEK PEMASARAN
I. TARGET PASAR Rata-rata penggemar berat
makanan pedas adalah kalangan remaja atau anak muda. Ini menjadikan sebagai
target pasar yang sangat potensial, dengan cara menawarkan beberapa level rasa
pedas untuk memenuhipermintaan para konsumen. Di samping itu, kami juga
menyediakan varian rasa yang lain selain pedas level, seperti keripik singkong
keju, keripik singkong original, keripik singkong nano – nano, keripik singkong
balado, keripik singkong rasa rumupt laut, keripik singkong jaungmanis, dan
berbagai rasa lainnya, yang tentunya sangat renyah dan sedap untuk dijadikan
sebagai makanan ringan atau camilan.
II.
FAKTOR KOMPETITIF Strategi PenjualanDalam hal strategi Penjualan akan lebih
banyak berkaitan dengan Masalah Distribusi, pemasaran, dan tempat Penjualan.
Strategi pemasaran yang kami lakukan yaitu :
*.Membranding
produk atau memperkenalkan produk kripik singkong singkong yang kami produksi
sebagai salah satu keripik singkong dengan cita rasa yang super ekstra pedas,
juga dilengkapi berbagai varian rasa lainnya yang tak kalah sedap di lidah
konsumen. Baik online maupun offline, kami secara aktif promosi keripik
singkong. Dengan strategi ini, diharapkan bisa menimbulkan rasa penasaran bagi
para konsumen, hingga pada akhirnya mereka mulai percaya untuk mencoba keripik
singkong yang kami produksi.
*.Untuk
memperluas jangkauan pasar, kami membuka sistem keagenan baik secara offline
maupun online bagi para distributor makanan yang tertarik memasarkan produk
keripik singkong kami. Dengan begitu tidak dibutuhkan tambahan biaya promosi,
kami mendapatkan bantuan dari para agen untuk meningkatkan omset penjualan
setiap bulannya.
*.Strategi
promosi lainnya yang juga kami jalankan yaitu dengan cara mengikuti berbagai
pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sering diadakan di daerah kami maupun
di luar kota. Melalui pameran, kami bisa mengenalkan produk keripik singkong
pedas kepada khalayak ramai, dan membuka peluang yang lebih besar untuk
mengembangkan usaha tersebut.
III.
RENCANA PENJUALAN Dalam menjalankan bisnis keripik singkong pedas, yang
terpenting bagi kami adalah menjaga kualitas cita rasa pedas dan cita rasa khas
Kripik Singkong dan menjamin kerenyahan keripik yang dihasilkan. Keduahal
tersebut menjadi faktor penentu kualitas keripik singkong yang kami tawarkan
kepada para konsumen. Dengan kualitas produk dan strategi pengemasan produk
yang menarik. Hal ini sangat penting kami lakukan untuk menarik perhatian
konsumen dan menjadi salah satu cara untuk membedakan produk kami dengan yang
lain.
Studi Hasil
Penjualan
Untuk melihat
apakah penjualan sukses atau gagal maka hendaknya kami harus memasang target
penjualan. Target penjualan ini bisa ditentukan tiap hari, tiap minggu atau
tiap bulan. Toleransi untuk mengukur apakah penjualan produk keripik singkong baik atau tidak dapat dilakukan dengan angka
pencapaian dalam Presentase, misalnya saja apabila penjualan dibawah 65% maka
kita anggap gagal.Namun demikian pada tahap pertama kami tidak memasang target
terlalu optimis mengingat produk yangkami jual ini masih relative baru sehingga
belum banyak konsumen yang tahu.
3.1 Penentuan HargaSetelah menentukan target
pasar atau positioning produk di pasaran, maka langkah yang selanjutnya adalah
penjabaran dari Positioning tersebut yaitu denganBauran Pemasaran atau yang
lebih terkenal adalah Marketing Mix.Marketing Mix untuk Produk konsumsi adalah
mengikuti Kaidah kaidah yang ada, dimana dalam hal ini Strategi Penentuan
Harga, Produk/Merek, Promosi, dan Place/Tempat/Distribusi haruslah betul betul
berbeda dari Produk yang sudah ada, sehingga dalam hal ini betulbetul ada
Deferensiasi untuk keripik singkong yang kami produksi.Untuk Keripik Singkong
sendiri dimana Target Konsumen yang ditetapkan adalah segmen menengah bawah,
terutama untuk para remaja, maka Faktor Harga menjadi sangat sensitive, untuk
itu dalam menentukan harga betul betul dipertimbangkan apakah Produk kita
dengan harga yang telah ditetapkan dapat terjangkau oleh masyarakat bawah. Dan
selanjutnya adalah apakah dengan harga murah tersebut kita masih mendapatkan
untung, sehingga untuk menentukan hargakeripik singkong sudah dipertimbangkan
supaya terjangkau oleh semua kalangan.
3.2 Penentuan Produk/MerekPenentuan Merek
produk kami dilakukan dengan memilih nama produk berdasarkan nama generic dari
Produk tersebut, umumnya produk Makanan lebih memilih nama Generic dari Produk
yang dibuat dengan ditambah label tertentu. Begitu pun kami, nama sendiri sudah
familiar di tengah masyakat luas, sehingga kami maksudkan supaya produk kami
juga ikut cepat familiar di tengah kehidupan masyarakat.Label ini sebenarnya
justru yang menjadi penguat Citra dari Produk makanan tersebut. Masyarakat akan
lebih mengenal Label Makanan dari pada hanya nama Genericnya saja.
3.3 PromosiUntuk Produk Keripik Singkong, Media
Promosi yang pertama yang paling adalah membranding logo dan melakukan Promosi
langsung ke konsumen, dimana konsumen disuruh untuk mencoba memakannyadengan
harapan mereka akan selalu ingat akan rasa dan produk dari keripik singkong dan
diharapkan dapat menjadi media untuk mempromosikan kepada orang lain.Dalam
melakukan Promosi selanjutnya ditempuh denganberbagai cara, mulai dari membuat
iklan dengan pamphlet – pamphlet, spanduk, sampai pada mempromosikannya melalui
dunia maya, khususnya pada situs – situs jejaring social dan social group
lainnyayang banyak dikunjungi masyarakat online.
3.4 Distribusi/Tempat PenjualanUntuk tujuan
sebagai tempat penjualan produk keripik singokong ini adalah di semua pasar
yang menjual makanan. Baik itu super market, pasar tradisional, toko, warung,
maupun distributor yang menjualnya langsung pada konsumen. Karena dengan cara
demikian, maka keripik singkong yang diproduksi kami terdapat di berbagai sudut
tempat yang sering dikunjungioleh konsumen, sehingga semakin banyak masyarakat
yang mengetahui dan membeli keripik singkong. selain itu, penjualan yang
didasarkan pada banyaknya remaja juga sangat kami pertimbangkan dalam memilih
tempat penjualan yang menjadi target kami.
VI. RENCANA
KEUANGAN
1.1. Analisa Ekonomi
A. Asumsi
- Produksi skala
rumah tangga
- Dibantu oleh
dua orang tenaga kerja
B. Modal awal
Mesin pengiris
singkong (Slicer)
Rp 4.500.000
Mesin pengemas
(Sealer)
Rp 500.000
Peralatan
menggoreng (wajan dan alat penirisnya)
Rp 300.000
Kompor gas dan tabung
3 kg Rp 300.000
Total Rp
5.600.000
Peralatan
mengalami penyusutan dengan rincian sebagai berikut :
- Mesin slicer :
1/60 x Rp 4.500.000,00 Rp
75.000,00/bln
- Mesin sealer :
1/36 x Rp 500.000,00 Rp
13.900,00/bln
- Penggorengan :
1/36 x Rp 300.000,00 Rp
8.400,00/bln
- Kompor gas :
1/36 x Rp 300.000,00
Rp 8.400,00/bln
-Total
Rp.105.700,00/bln
Biaya
operasional per bulan, Belanja bahan baku per hari :
- Singkong (Rp 1.500,00/kg
x 50 kg) Rp 75.000,00
- Minyak goreng
(Rp 13.000,00/kg x 20 kg) Rp
260.000,00
- Cabe Rp 250.000,00
-Total
Rp 585.000,00
Biaya belanja
per bulan :
Rp 585.000,00 x
30 hari
Rp 17.550.000,00
Plastik
kemasan
Rp 1.500.000,00
Gas 3 kg (Rp
17.500,00 x 15 tabung)
Rp 262.500,00
Gaji pegawai (2
orang x Rp 800.000,00)
Rp 1.600.000,00
Biaya
transportasi
Rp
1.000.000,00
Biaya penyusutan
peralatan
Rp 105.700,00
Total Rp 22.018.200,00
Omset penjualan
per bulan
Rata-rata
penjualan produk Rp
1.000.000,00/hari
Perbulan Rp 30.000.000,00/bulan
Laba bersih per
bulan Rp 30.000.000,00


Rp 7.981.800,00
VII. PENUTUP
Dalam
melakukan usaha dituntut untuk serius dan Fokus, kita tidak bisa dalam memulai
bisnis itu secara setengah tengah,dan dikerjakan sambil lalu meski pun usaha
tersebut berupa usaha sampingan.Kegagalan berusaha sebenarnya bukan disebabkan
oleh orang lain namun berasal dari diri kita sendiri, dengan demikian ketekunan
dalam menjalankannya adalah suatu keharusan. Perhitungan perhitungan yang matang
selayaknya dilakukan di awal awal memulai usaha karena sekali kita salah dalam
perhitungan di awal makayang terjadi adalah efek Berantai di mana kita akan
terusmenerus mengalami kesalahan, sementara modal lama kelamaan tersedot
habisSudah sewajarnya apabila kita ingin memulai usaha belajar kepada mereka
yang lebih sukses agar kita dapat memilah mana yang pas dan mana yang kurang
Dengan demikian kita akan terhindar dari resiko yang lebih besar.Demikian
proposal ini kami buat, semoga langkah ini dapat mengembangkan suatu bisnis,
khususnya bagi perusahaan kami dan untuk masyarakat luas pada umumnya. Semoga
Allah SWT memberikan berkat dan Rahmat-Nya bagi kita semua, sebelum dan
sesudahnya kami ucapkan terima kasih.
good
BalasHapuspa minta file word nya
BalasHapuspa minta file word nya
BalasHapusBagus..sangat membantu
BalasHapusterima kasih sudah sharing
BalasHapusVisit UMA
Visit P2MAL
Kami menyediakan jasa pembuatan Totem / Pylon Sign PLN dan SPBU, Neon Box, dan Juga Berbagai macam huruf timbul.
BalasHapusSpesifikasi Totem / Pylon Sign PLN dan SPBU :
- Rangka besi hollow tiang pipa 3inch
- Dinding ACP seven finishing cat duco kombinasi akrilic laser cut 10mm
- Finishing stiker oracal dan Lampu TL Led Philips
spesifikasi Huruf timbul
- Ukuran huruf di hitung per cm
- Bahan yang di gunakan yaitu kuningan, galnavil, akrilik dan stenlis
- Harga mulai dari 25 - 40 rb / cm
- Finishing menyesuaikan dengan pesanan bisa menggunakan lampu dan tidak
Info pemesanan dapat menghubungi
Telp/WA : 081977000899 / 081112300319
#huruftimbul #huruftimbuljakarta #huruftimbultangerang #huruftimbulbekasi #huruftimbulbogor #huruftimbulbandung #huruftimbulsurabaya #huruftimbuldepok #huruftimbulmedan #huruftimbuljogja #huruftimbulmurah #pembuatanhuruftimbul #kontraktorhuruftimbul #jasapembuatanhuruftimbul #huruftimbulakrilik #huruftimbulkuningan #huruftimbulgalvanil #huruftimbulstainless #huruftimbulled #jasapembuatanpylonsign #jasapembuatantotem #jasapembuatantotemspbu #totempln #totemplnjakarta #totemplntangerang #totemplnbogor #hargatotemsign #hargatotem #pylonsignbri #pylonsigndesain #pylonsignpln #pylonsignbri #pylonsignatmbri #pylonsignbankmandiri #pylonsignbankbukopin #pylonsignbankbjb #pylonsignbankdki #pylonsignbankjabar #pylonsignbankbanten #pylonsignbankbca #pylonsignbankbtn #pylonsigncitibank #pylonsignlippobank #pylonsignbankdbs #pylonsignbankmuamalat #pylonsignpermatabank #pylonsignbankindonesia #pylonsignbankniaga #pylonsignbankbtpn #pylonsignpertashop #totembri #totemdesain #totempln #totembri #totematmbri #totembankmandiri #totembankbukopin #totembankbjb #totembankdki #totembankjabar #totembankbanten #totembankbca #totembankbtn #totemcitibank #totemlippobank #totembankdbs #totembankmuamalat #totempermatabank #totembankindonesia #totembankniaga #totembankbtpn #totempertashop #huruftimbulakrilik #huruftimbulacrylic #huruftimbulled #huruftimbulkuningan #huruftimbulgalvanil #huruftimbulgalvanis #huruftimbulstainlessstell #jasahuruftimbulindonesia
Kunjungi juga :
https://id.pinterest.com/jasahuruftimbuli/
https://jasahuruftimbulindonesia.wordpress.com/
https://jasahuruftimbulindonesia.blogspot.com/
https://twitter.com/jasahuruftimbu1
https://www.instagram.com/jasahuruftimbulindonesia/
https://huruftimbuljakarta14.blogspot.com/
https://videotronindonesia01.blogspot.com/
saya khawatir ketika saya akan membeli rumah saya dengan nilai kredit buruk saya. saya ditolak pinjaman dari bank saya dan tidak bisa mendapatkannya. Saya menjelaskan kepada seorang teman, dia kemudian memperkenalkan saya kepada pria terhebat sepanjang masa pedro jerome. saya menjelaskan masalah saya kepadanya dengan mengirim teks ke suratnya dan dia membantu saya menyelesaikan semuanya dalam waktu 3 hari kerja. dia memberi saya pinjaman 400,000.00 euro untuk membayar rumah saya di mana saya juga digunakan untuk mengembangkan bisnis saya juga. semoga Tuhan memberkatinya! Anda dapat mengajukan pinjaman cepat dari mr pedro jerome yang bekerja dengan sekelompok investor .. dia penyihir yang dibicarakan semua orang di seluruh internet .. hubungi dia melalui surat di mr pedro pedroloanss@gmail.com. nomor whatsapp: +18632310632.
BalasHapusBagaimana perusahaan memastikan bahwa produk ini bebas dari bahan kimia berbahaya? Visit Us Telkom University
BalasHapusSaya tidak percaya ada pemberi pinjaman online asli yang begitu baik dan jujur seperti Tuan Pedro yang memberi saya pinjaman sebesar 2 juta Euro untuk melaksanakan proyek saya yang sudah lama datang dan menunggu untuk dilaksanakan tetapi dengan bantuan Petugas Tuan Pedro dan semuanya mudah bagi saya.
BalasHapusSaya akan meminta Anda untuk menghubungi Petugas Pinjaman Pedro di pedrloanss@gmail.com atau WhatsApp +393510140339