Kamis, 20 April 2017

Proposal Usaha Kecil Menengah Masadit Cloth



Proposal Usaha Kecil Menengah
Masadit Cloth
Disusun sebagai tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu: Dr. Drs. Sukirman S.Pd. SH. MM
 




 

 



Disusun Oleh
Nama               :        Aditya Kurniawan
NIM                  :        201511071
Kelas                :        Non Reguler

 


FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
TahunAjaran 2015 / 201

KATA PENGANTAR


Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha Pengasih lagi maha Penyayang, saya panjatkan puja dan puji syukur kehadirat-Nya, yang telah mellimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan proposal usaha yang bernama Masadit Cloth ini.
Adapun proposal usaha Masadit Cloth ini telah saya buat semaksimal mungkin dan tentunya tidak lepas dengan bantuan berbagai macam pihak hingga dapat menyelesaikan proposal ini. Untuk itu saya tidak lupa menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan proposal ini.
Namun masih tidak dapat dipungkiri juga, saya sadar proposal yang saya buat memang jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu dengan lapang dada serta tangan yang terbuka, saya harapkan kritik serta saran yang membangun untuk dapat menyempurnakan proposal ini agar menjadi lebih baik. Semoga proposal yang saya buat ini dapat bermanfat bagi para pembaca.




Kudus, 31 Maret 2017

 




Aditya kurniawan

Abstrak


Dewasa ini telah banyak beredar sebuah film kartun serta animasi Jepang yang biasanya disebut dengan istilah Anime. Dengan hal tersebut saya berinovasi untuk membuat suatu usaha yang mampu menyaingi peredaran trend tersebut tak lepas dalam mendirikan usaha ini saya sempatkan untuk mensurvey daerah sekeliling serta melakukan pengamatan yang cukup akurat terhadap karakteristik penduduk yang menyukai hal yang berbau Anime tersebut. Setelah saya amati dengan seksama tempat yang saya tinggali cukup tepat digunakan untuk memasarkan usaha ini, karena sebagian masyarakatnya adalah anak kecil serta remaja yang suka menonton dan cukup fanatic terhadap pakaian Anime itu sendiri.Dengan demikian saya beserta teman – teman akan mengembangkan sebuah ditro pakaian yang nantinya dapat digunakan sebagai bisnis yang menguntungkan. Tidak Cuma sampai disitu saja, dengan adanya bisnis usaha ini saya harapkan dapat mengurangi pengangguran setempat yang nantinya dapat membantu dalam menyokong finansial keuangan keluarganya.

Kata Kunci : Distro, Pakaian, Anime.

DAFTAR ISI


Halaman




BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang


Prospek Pasar
Dijaman yang modern ini semuanya berbau suatu hal yang baru dan tentunya seseorang ingin memiliki suatu hal yang berbeda satu sama lainnya, oleh karena itu saya memiliki prospek kedepan dengan tujuan mendirikan suatu usaha dimana usaha ini diharapkan akan menjadi lebih besar dan berkembang menjadi lebih besar suatu hari nanti. Saya memiliki ide untuk membuat sebuah distro pakaian yang simple yang nantinya dapat terlihat mewan dan elegan.
Dari apa yang telah saya survei di lingkungan serta perkotaan saya dengan maraknya film kartun dan anime yang telah memasuki perfilman Indonesia banyak sekali anak – anak sampai orang dewasa yang menyukai film tersebut entah karena model karakternya yang imut ataupun karakternya terlihat konyol dan terkesan unik bahkan setiap film tersebut memiliki simbol ikonik yang akan membedakan setiap tokoh yang ada di di setiap film tersebut. Atas kejadian seperti itu maka dengan mantap dan yakin dengan mengucap kata Bismillah saya berniat untuk mendirikan usaha Distro ini dimana usaha yang akan saya dirikan nantinya akan berbeda dengan usaha sekitar yang memiliki model ataupun gaya pakaian yang hampir mirip dengan gambar yang sama pula. Saya mengangkat tema Anime dan Kartun dalam usaha ini dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen yang memiliki niatan untuk membuat baju ataupun ingin menyablonkan baju mereka dengan karakter yang mereka inginkan. Banyak jenis kain serta kualitas baik yang nantinya akan ada di dalam distro yang akan saya dirikan nantinya, saya memiliki tujuan untuk mengembangkan pakaian yang terkesan membosankan untuk dapat terlihat lebih menarik dengan berbagai desain bentuk dan gambar berkatakter anime yang memang menjadi kesukaan para anak kecil bahkan sampai orang dewasa sekalipun dan tentu pada intinya berbeda jenis kain dengan kerumitan pesanan yang akan dibuatnya nanti akan mempengaruhi tingkat harga yang akan diolah.
Di distro yang akan saya dirikan nantinya akan ada beberapa desain yang terkesan tidak umum karena di distro yang saya dirikan nantinya berbagai macam desain memiliki karakter sesuai dengan banyaknya tokoh kartun dan anime yang ada di film tersebut, ataupun jika konsumem ingin memiliki pakaian biasa dengan motif karakter ataupun dengan logo anime aka nada kaon oblong ataupun kaos polosan yang nantinya bias di sablonkan dengan pilihan gambar yang dipilih.
Tentunya tidak semua pakaian yang nantinya akan saya jual terkesan berbau karakter cosplay yang pakaiannya unik sesuai film anime ada juga pakaian biasa dan pakaian busana muslim namun masih memiliki karakteristik yang khas terhadap karakter anime tersebut dan dalam usaha yang akan saya dirikan nantinya insayaallah tidak akan membuat pembeli merasa bosan dengan desain yang monoton seperti itu - itu saja dan kurang menarik. Karena pada dasarnya dalam distro pakaian usaha yang akan saya jalankan nantinya para pembeli bebas memilih pakaian yang disukainya dan tentunya boleh menentukan desain pakaian yang ingin dibuatnya sesuai dengan imajinasi serta karakter masing – masing pembeli.
Dalam distro pakaian yang akan saya buat nantinya pembeli dapat memesan langsung bertatap muka ataupun bias memesan via online dengan ketentuan dan cara yang benar dengan mencantumkan nama dan alamatnya dengan jelas.

Rencana Bisnis
            Dengan uraian yang ada di atas dengan niatan mantap dengan do’a yang akan selalu saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa saya ingin mengembangkan distro pakaian ini agar dapat dikenal dan dipasarkan di dalam kota saya. Jika dalama perkembangannya semakin baik saya berniat untuk membuka cabang yang tentunya berdasarkan survey tempat yang memang mendominasi berbagai macam orang yang benar suka terhadap film kartun dan Anime Jepang saat ini.
            Dengan adanya program ini saya berharap akan dapat mengurangi pengangguran disekitar tempat saya, dengan para tetangga yang memang belum mendapatkan pekerjaan akan saya ajak untuk mengembangkan bisnis ini untuk dapat menambah penghasilan bagi keluarganya nanti.

Visi:
·         Memberikan pengenalan fashion lewat usaha distro pakaian
·         Mengubah gaya berpakaian yang monoton.
·         Mendapatkan laba.
·         Mengajak para pembeli untuk meningkatkan kreatifitas.
·         Memunculkan wirausahawan yang terampil dan kreatif.
·         Mengurangi pengangguran di sekitar.
·         Menjalin persahabatan antara pelanggan.

Misi:
·         Memberikan pelayanan yang baik.
·         Memberikak kualitas terbaik.
·         Memuaskan seleran konsumen.


BAB II

PROFIL PERUSAHAAN


A. Profil Usaha

Berikut ini adalah profil perusahaan yang direncanakan:
  1. Nama Usaha                :           Masadit Cloth
  2. Bidang Usaha             :           Usaha Tekstil
  3. Jenis Produk/Jasa        :           Pakaian Berkarakter
  4. Alamat Usaha             :           Jl. Sunan Muria
  5. Nomor Telepon           :           085879922332
  6. Alamat Email              :           kaptenaddid@gmail.com
  7. Bentuk Badan             :           Hukum Perseorangan
  8. Mulai Berdiri               :           31-03-2017

B. Biodata Pemilik    

1. Nama                                   :           Aditya Kurniawan
2. Jabatan                                :           Pemilik Perusahaan
3. Tempat dan Tgl. Lahir        :           Kudus 11 Januari 1996
4. Alamat Rumah                    :           Ds. Kaliputu Rt 2 Rw 2
5. Nomor Telepon/HP             :           085879922332
6. Alamat Email                      :           kaptenaddid@gmail.com
7. Pendidikan Terakhir            :           SMK


BAB III

STRUKTUR ORGANISASI


Struktur Organisasi dibentuk untuk mempermudah setiap pengerjaan suatu usaha agar dapat dinilai maksimal dalam pengerjaannya. Dalam struktur organisasi tentunya telah dipilih seseorang yang memang mahir dalam pengerjaan tersebut dan dinilai cekatan dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya. Dan dalam struktur organisasi setiap karyawan yang telah diberi mandat atau amanat dan tanggung jawab yang nantinya akan dipegang tegung untuk memaksimalkan kinerja suatu bisnis begitu pula dalam menjalankan usaha distro yang nantinya akan saya buat dan nantinya akan saya kembangkan ini. Adapun perincian dari setiap masing – masing karyawan tersebut sebagai berikut:


1.      Nama                     :           Aditya Kurniawan
2.      TTL                       :           Kudus, 11 Januari 1996
3.      Alamat                  :           Ds. Kaliputu Rt 2 Rw 2 Gang 4
4.      Status                    :           Lajang
5.      No. Telp                :           085879922332
6.      Jabatan                  :           Pimpinan Usaha (CEO)

1.      Nama                     :           Insan kamla Yamani
2.      TTL                       :           Kudus, 14 Mei 1994
3.      Alamat                  :           Ds. Kaliputu Rt 3 Rw 3 Gang 7
4.      Status                    :           Lajang
5.      No. Telp                :           085778966451
6.      Jabatan                  :           Administrasi dan Bendahara

1.      Nama                     :           Rizka Wardana
2.      TTL                       :           Kudus, 25 Juli 1990
3.      Alamat                  :           Ds. Kaliputu Rt 2 Rw 2 gang 4
4.      Status                    :           Lajang
5.      No. Telp                :           085787542231
6.      Jabatan                  :           Pemasaran & Promosi

1.      Nama                     :           Dani Prasetya
2.      TTL                       :           Kudus, 20 Juli 1995
3.      Alamat                  :           Ds. Kaliputu Rt 2 Rw 2 Gang 2
4.      Status                    :           Lajang
5.      No. Telp                :           085326596065
6.      Jabatan                  :           Desainer & Penjahit

1.      Nama                     :           Mochamad Fauzi
2.      TTL                       :           Kudus, 25 Juli 1990
3.      Alamat                  :           Ds. Kaliputu Rt 2 Rw 2 Gang 8
4.      Status                    :           Lajang
5.      No. Telp                :           085775122231
6.      Jabatan                  :           Penyablon/Pencetak Gambar

1.      Nama                     :           Arifka Faqih
2.      TTL                       :           Kudus, 24 MAret 1992
3.      Alamat                  :           Ds. Kaliputu Rt 2 Rw 2 Gang 6
4.      Status                    :           Lajang
5.      No. Telp                :           085774835575
6.      Jabatan                  :           Pemasaran & Promosi


BAB IV

PRODUK USAHA


Aspek Produk

1.      Jenis Barang
Jenis barang yang akan saya jual merupakan salah satu kebutuhan manusia yang umumnya dipakai untuk menutup aurat ataupun bagian tubuhnya yaitu berupa pakaian. Pakaian yang dijual dalam usaha ini adalah pakaian sama pada umumnya, namun yang menjadi bahan perbedaan dari pakaian yang akan dijual kali ini yaitu berisikan gambar tokoh dan karakter sebuah anime dan kartun yang dapat dijadikan suatu penyejuk mata ataupun penghibur hati ketika sedang bosan dengan yang polosan ataupun yang biasa – biasa saja. Selain menjual produk jadi distro yang akan saya bangun kali ini bias juga membuat pesanan pakaian yang berasal dari gambar anime yang sering tampil di serial anime jepang atau nama lainnya dikenal dengan sebutan baju cosplay. Tentu saja bahan serta desain dapat ditentukan sendiri oleh sang pembeli namun jika pembeli merasa kebingungan maka kami selaku produsen dan pembuat pakaian bias diminta untuk menentukan jenis desain dan jenisa kain yang nantinya akan dibuat pakaian. Barang formal atau barang umum yang nantinya akan dijual yaitu pakaian seperti biasa yaitu seperti: Kemeja, Kaos, Celana, Jas, dan tentunya ada pakaian muslim khusus laki – laki dan anak kecil dengan cetakan gambar sablon yang timbul yan bergambarkan tokoh kartun dan anime.

2.      Volume Produk yang Dijual
Untuk volume produk yang dijual setiap bulanya berbeda sesuai dengan jenis pakaian sablon berkarakter anime dan kartun yang ditentukan barangnya seperti berikut:
Kemeja                                    : 15 pcs
Kaos                                        : 15 pcs
Celana                                     : 15 pcs
Jas                                           : 10 pcs
Busana Muslim                       :   6 pcs

3.      Pelaksanaan Kegiatan
            Usaha ini mulai dibuka pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB dan libur menyesuaikan tanggalan nasional agar pegawainya juga tidak jenuh dalam bekerja. Usaha dilakukan pada pukul tersebut karena sekiranya anak – anak sekolah dan masyarakat sudah memulai aktivitasnya sehingga pada siang hari sampai malam hari ketika ada masyarakat ataupun mahasiswa yang pulang kuliah ataupun para pekerja yang sedang pulang bekerja dapat mnegetahui usaha yang berada di pinggir jalan tersebut sehingga tercipta peluang untuk menjadi daya tarik masyarakat dalam menjual barang.

4.      Jumlah Tenaga Kerja
Jumlah pegawainya kurang lebih sekitar 5 orang dimana setiap masing – masing pegawai telah diberi job serta tugas masing – masing sesuai dengan keahliannya dibidang tersebut.

5.      Rencana Perluasan Produk
            Pada rencana perluasan usaha yang akan didirikan saya selaku CEO dan karyawan lainnya menargetkan wilayah serta memilih tempat yang strategis dimana para konsumen tertarik pada film serial anime ataupun kartun yang kurang lebihnya berada di kawasan dekat kampus (perguruan tinggi) dan di sekitar sekolah dimana banyak anak kecil yang memang suka dengan kartun serta anime. Serta tidak kalah pentingnya kami juga membuka usaha melalui media online, jadi apabila seseorang yang jauh tertarik dengan model desain pakaian yang nantinya akan kami jual maka bisa bertransaksi melalui media online juga.


BAB V

ASPEK PEMASARAN


Merupakan tiga hal yang sangat menentukan kesuksesan suatu usaha dipasaran. Target pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah konsumen dari semua kalangan. Sasaran ditujukan pada masyarakat umum, terutama muda-mudi yang sedang mengalami pertumbuhan menuju dewasa.

 Kita bisa mengiklankan produk kita dengan bahasa yang mengikat dan membentuk opini masyarakat sehingga pemikiran masyarakat (terutama muda-mudi) memiliki pemikiran bila seseorang yang spesial dihidupnya sedng berulang tahun ataupun sedang ingin mengungkpkan cinta bisa menggunakan produk ini dalam menyimbolkan rasa cintanya. Dari aspek pemasaran yang nantinya akan dilakukan yaitu sebagai berikut:

       Aspek Pemasaran
1.            Target Konsumen
Konsumen ataupun pembeli yang nantinya menjadi target pemasaran usaha ini yaitu disekitar distro, pengunjung ataupun mahasiswa setempat maupun luar daerah yang memang tertarik pada promosi serta produk distro anime yang akan saya dirikan ini.

2.            Ukuran dan Trend Pasar
Ukuran yang disediakan akan disesuaikan dengan ukuran pada umumnya pakaian yang aa di pasaran namun jika konsumen atau pembeli ingin memiliki bentuk ukuran yang berbeda maka dapat meminta ukuran yang berbeda pada saat proses pembuatan produk dengan harga yang bervariasi sesuai dengan harga ukuran serta tingkat kerumitan dalam pembuatannya.

3.            Situasi Persaingan
Persaingan yang terjadi di tempat usaha saya sekiranya belum ada karena kebanyakan pesaing usaha adalah minimarket dan took baju formal pada umumnya. Jika ada pun hanya sebatas took pakaian sekolah dan busana muslim yang memang sudah ada sejak dulu, namun saya kira tidak terlalu menjadi ancaman, karena memang distro yang akan saya dirikan nantinya memiliki ciri khas yang dapat menarik minatan pembeli yang berada di sekitar karena belum ada yang memiliki usaha semirip mungkin dengan usaha yang akan saya dirikan nantinya.

4.            Strategi dan Teknik Pemasaran
Teknik pemasaran dilakukan guna menjadi acuan untuk meningkatkan jumlah penjualan produk setiap bulannya. Dan teknik pemasaran yang akan saya lakukan diantaranya seperti berikut ini:
a.       Dari Mulut ke Mulut
Produk di pasarkan dan dikenalkan dengan bertatap muka pada saat pengunjung memasuki area usaha dimana nanti akan dijelaskan lebih spesifik terhadap produk yang akan dipasarkan
b.      Brosur
Dengan melalui brosur saya akan mengenalkan produk yang akan saya dirikan ini yang nantinya akan ditempelkan dan disebarkan di berbagai tempat yang strategis, misalnya seperti warnet, sekolahan, pasar dan universitas terdekat.
c.       Event
Event disini yang dimaksudkan yaitu memasarkan produk dan mengenalkannya melalui acara – acara khusus seperti expo, car free day, ataupun pesta rakyat yang nantinya mengajak beberapa pengusaha untuk mengenalkan produknya.
d.      Media Online
Disini siapa yang tidak mengetahui media Online, banyak dari masyarakat telah mengenal media online yang tentunya dari anak kecil, remaja, bapa/ibu, bahkan kakek – kakek dapat emngakses media tersebut. Dan kami juga akan memasarkan produknya melalui media online yang nantinya akan ditaruh dalam sebuah blog, fb, instagram dan tentunya juga akan dipasarkan melalui bukalapak, tokopedia, ataupun yang lainnya juga.




5.            Penetapan Harga
Harga yang ditentukan nantinya akan di pengaruhi dari keadaan pasar dimana bahan baku, bbm, tempat sewa serta faktor lainnya akan mempengaruhi harga suatu produk. Namun harga produk yang dipasarkan berkisar antara 80 – 200 ribu, dan harga bias saja bertambah menyesuaikan tingkat kerumitan desain produk yang diminta oleh konsumen.

Analisis SWOT

1.      Strenght (Kekuatan)
Bisnis yang akan saya dirikan memang pada dasarnya untuk memenuhi keinginan konsumen akan sebuah pakaian yang unik dengan berbagai macam gaya karena dijaman modern ini para anak mudapun selali eksis dalam mengelola pakaiannya dan merasa bosan dengan yang itu – itu saja.

2.      Weakness (Kelemahan)
Kelemahan produk yang nantinya akan dipasarkan yaitu memang tidak semua masyarakat fanatic dengan anime ataupun kartun jepang.

3.      Opportunnity (Peluang)
Sebagian masyarakat disekitar usaha saya memang bisa dibilang fanatik terhadap film anime jepang dan juga banyak anak kecil dan para remaja yang ada disekitar usaha yang akan saya dirikan nantinya, oleh karena itu akan sangat disayangkan jika pecinta anime dan kartun tidak memiliki pakaian yang memiliki karakter dan cirikhas dari anime itu sendiri dan pakaian yang akan saya jual nantinya juga selalu mengikuti tred yang sedang menjamur dipasaran.

4.      Threat (Ancaman)
Ancaman usaha ini kedepannya yaitu apabila ada usaha baru yang menyerupai usaha yang sedang saya lakukan dengan harga yang lebih murah dengan kualitas yang kurang maksimal juga karena kebanyakan masyarakat memang memilih produk kain dengan harga murah bukan karena kualitas dari barang tersebut.

Aspek Teknis
1.      Rencana Suplay
Dalam melakukan penjualan produk akan dibagi menjadi 2 jenis yaitu seperti bertemu langsung dengan bertatap muka dan juga melalui media online jika memang usaha yang dilakukan dipengaruhi jarak dan kesibukan masing – masing.
2.      Kebutuhan Peralatan dan Perlengkapan
Usaha yang nantiny akan dilakukan memerlukan beberapa perlengkapan di dalam yang akan membantu mempermudah dalam proses operasionjal penjualan, perlengkapan tersebut antara lain:
ü  Kaca.
ü  Kursi.
ü  Rak Gantung.
ü  Hanger.
ü  Dan perlengkapan yang menunjang pakaian nagar tetap rapi.

3.      Teknik Display
Dekorasi penempatan pakaian dibedakan menjadi beberapa jenis yang berupa kaos, kemeja, celana ataupun yang lainnya dan tentunya akan di switch/diganti sewaktu waktu aga seseorang yang melihat tidak bosan karena desain yang monoton itu – itu saja setiap harinya. Dan tentunya akan ditampilkan juga produk pakaian yang nantinya akan menjadi cirikhas tentang distro yang digunakan untuk menarik perhatian pembeli.


BAB VI

RENCANA KEUANGAN


A.      Hasil Penjualan

Rincian hasil penjualan Per hari sebagai berikut:
Jenis Produksi
Harga
Jumlah
1.  Kaos
Rp 70.000,00   X 15
Rp       1.050.000,00
2.  Jas
Rp 100.000,00 X 10
Rp       1.000.000,00
3.  Celana
Rp 120.000,00 X 15
Rp       1.800.000,00
     Kemeja
Rp   80.000,00 X 15
Rp       1.200.000,00
4.  Busana Muslim
Rp 125.000,00 X 6
Rp          750.000,00
Total penjualan perhari

Rp       5.800.000,00


B.     Rencana Upah Tenaga Kerja
Adapun rencana upah tenaga kerja 1(satu) bulan
1 orang desainer
= Rp               1.560.000,00
  1 orang administrasi keuangan
= Rp               1.300.000,00
  1 orang penyablon
= Rp               1.300.000,00
  2 orang pemasaran produk
= Rp               2.340.000,00
Jumlah
= Rp               6.500.000,00
           

C.    Perkiraan Pendapatan dan Pengeluaran per bulan
I.        Pendapatan penjualan perbulan
30 X Rp 5.800.000,00                                         Rp 174.000.000,00
II.     Pengeluaran per bulan
1.      Bahan baku 50% X Rp 174.000.000,00 Rp  87.000.000,00
2.      Upah tenaga kerja                                   Rp    6.500.000,00
3.      Biaya lain lain
-Sewa tempat usaha                                   Rp       500.000,00
-Transportasi                                               Rp       300.000,00
-Uang makan  Rp 20.000 x 21 hari            Rp        420.000,00
-Lain lain 20% X Rp 174.000.000,00        Rp   34.800.000,00
Jumlah pengeluaran perbulan              Rp  129.520.000,00 ( -)
 Pendapatan per bulan                                               Rp  44.480.000,00

D.    Sumber  Modal
No
Sumber  Modal
Jumlah
1.
Modal Sendiri
Rp   5.000.000,00
2.
Modal Pinjaman Orang Tua
Rp  30.000.000,00

Total
Rp  35.000.000,00
                               

E.     Modal atau Investasi
No
Jenis Investasi
Jumlah
Total
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Alas Tikar
Almari
Hanger Gantung
Meja
Mesin Jahit
Gunting kain
Komputer
Kaca
Printer
Mesin cetak Sablon
4 x Rp    350.000,00
4 x Rp    500.000,00
4 x Rp    300.000,00
2 x Rp     150.000,00
2 x Rp     500.000,00
5 x Rp       20.000,00
2 x Rp  3.000.000,00
2 x Rp     250.000,00
2 x Rp     750.000,00
2 x Rp  6.000.000,00
Rp   1.400.000,00
Rp   2.000.000,00
Rp   1.200.000,00
Rp      300.000,00
Rp   1.000.000,00
Rp      100.000,00
Rp   6.000.000,00
Rp      500.000,00
Rp   1.500.000,00
Rp 12.000.000,00

Total

Rp 26.000.000,00



Bahan Baku
No  
Nama bahan baku
Harga
Jumlah
1.
2.
3.
4.
Cat Rubber
Kain Katun Combat/m
Kain Kanvas/m
Busana Muslim/pcs
  6 x Rp 300.000,00
40 x Rp   21.000,00
30 x Rp   92.000,00
15 x Rp 150.000,00
Rp 1.800.000,00
Rp    840.000,00
Rp 2.760.000,00
Rp 2.250.000,00
5.
Aksesoris pakaian/set
10 x Rp 135.000,00
Rp 1.350.000,00

Total

Rp 9.000.000,00

Jumlah modal keseluruhan =
Rp 26.000.000,00 + Rp 9.000.000,00 = Rp 35.000.000,00


BAB VII

PENUTUP



Pakaian merupakan hal penting yang harus dipakai dalam sebuah kehidupan dan tentunya sebagai pelindung tubuh untuk dapat terlihat sopan dan baik. Namun tidak kalah pentingnya dalam sebuah berpakaian mengenal yang namanya fashion karena dengan hal tersebut pakaian yang biasa saja dapat terlihat lebih menarik dan tentunya bias berbeda – beda pada setiap orang yang memakainya.

Dalam perkembangan jaman yang kian bertambah tentusaja akan banyak pakaian dengan motif serta bentuk yang unik dan masih mengenal batas sopan, terutama pada masyarakat sekitar yang suka terhadak film anime jepang dan kartun pada umumnya ingin memiliki pakaian yang dipakai oleh karakter yang ada di dalam film tersebut oleh karena itu dengan mengucap Bismillah saya dengan ini akan menciptakan sebuah pakaian yang bagus sesuai dengan permintaan pembeli yang nantinya dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi yang memakainya.

Dari proposal yang telah saya rangkai ini dapat dikatakan usaha distro yang akan diproses sedemiukian rupa mampu menambah penghasilan yang sekiranya sangat menguntungkan dengan tujuan mengurangi jumlah pengangguran di sekitar juga yang nantinya dapat membantu finansial ekonomi bagi keluarganya dan sewaktu – waktu dapat dikembangkan lebih besar dan baik juga.


BAB VIII

LAMPIRAN

 


Desain Kaos & Jaket



PEMERINTAH KABUPATEN KUDUS
KECAMATAN kota
KEPALA DESA KALIPUTU
Rt. 002 Rw. 002
=======================================================================
SURAT KETERANGAN USAHA
Nomor : XX/SKU-KB/2017

Ketua Rt. 02 Desa Kaliputu, dengan ini menerangkan bahwa :
Nama
:
Aditya Kurniawan
No. KTP
:
3319021101960003
Tempat, Tgl Lahir
:
Kudus, 11 Januari 1996
Agama
:
Islam
Pekerjaan
:
Mahasiswa
Alamat
:
Ds. Kaliputu Rt. 002 Rw.002 Kec. Kota Kab. Kudus
Nama yang tersebut di atas adalah benar penduduk yang berdomisili sesuai dengan keterangan yang di berikan.
Berdasarkan pengamatan kami bahwa nama tersebut di atas adalah benar akan mendirikan distro pakaian yang mana usaha tersebut bernama MASADIT CLOTH”.
Demikian Surat Keterangan Usaha ini dibuat, Untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.



Pemilik usaha




(Aditya Kurniawan)
Kudus,     Maret 2017

Mengetahui Ketua Rt. 002




(.................................)




DAFTAR PUSTAKA



2 komentar:

  1. Kepada pemilik usaha kopi Jepara yang saya hormati Aditya Kurniawan izinkan saya berkenan diri dan ingin mengajukan lamaran pekerjaan ditempat yang saudara pimpin

    BalasHapus
  2. Apakah ada pelatihan atau edukasi khusus yang dibutuhkan untuk memulai usaha distro? Visit Us Telkom University

    BalasHapus