Proposal Usaha Kecil
Menengah
Masadit Cloth
Disusun
sebagai tugas Mata Kuliah
Kewirausahaan
Dosen
Pengampu: Dr. Drs. Sukirman S.Pd. SH.
MM
Disusun Oleh
Nama : Aditya
Kurniawan
NIM : 201511071
Kelas : Non
Reguler
FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
TahunAjaran 2015 / 201
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha Pengasih lagi
maha Penyayang, saya panjatkan puja dan puji syukur kehadirat-Nya, yang telah
mellimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya sehingga saya dapat
menyelesaikan proposal usaha yang bernama Masadit Cloth ini.
Adapun proposal usaha Masadit Cloth ini telah saya
buat semaksimal mungkin dan tentunya tidak lepas dengan bantuan berbagai macam
pihak hingga dapat menyelesaikan proposal ini. Untuk itu saya tidak lupa
menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya
dalam menyelesaikan proposal ini.
Namun masih tidak dapat dipungkiri juga, saya sadar
proposal yang saya buat memang jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu dengan
lapang dada serta tangan yang terbuka, saya harapkan kritik serta saran yang
membangun untuk dapat menyempurnakan proposal ini agar menjadi lebih baik.
Semoga proposal yang saya buat ini dapat bermanfat bagi para pembaca.
Kudus, 31 Maret 2017
Aditya kurniawan
Abstrak
Dewasa ini telah banyak beredar sebuah film kartun serta animasi Jepang
yang biasanya disebut dengan istilah Anime. Dengan hal tersebut saya berinovasi
untuk membuat suatu usaha yang mampu menyaingi peredaran trend tersebut tak
lepas dalam mendirikan usaha ini saya sempatkan untuk mensurvey daerah
sekeliling serta melakukan pengamatan yang cukup akurat terhadap karakteristik
penduduk yang menyukai hal yang berbau Anime tersebut. Setelah saya amati
dengan seksama tempat yang saya tinggali cukup tepat digunakan untuk memasarkan
usaha ini, karena sebagian masyarakatnya adalah anak kecil serta remaja yang
suka menonton dan cukup fanatic terhadap pakaian Anime itu sendiri.Dengan
demikian saya beserta teman – teman akan mengembangkan sebuah ditro pakaian
yang nantinya dapat digunakan sebagai bisnis yang menguntungkan. Tidak Cuma
sampai disitu saja, dengan adanya bisnis usaha ini saya harapkan dapat
mengurangi pengangguran setempat yang nantinya dapat membantu dalam menyokong
finansial keuangan keluarganya.
Kata Kunci : Distro, Pakaian, Anime.
DAFTAR ISI
Halaman
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Prospek Pasar
Dijaman yang
modern ini semuanya berbau suatu hal yang baru dan tentunya seseorang ingin
memiliki suatu hal yang berbeda satu sama lainnya, oleh karena itu saya
memiliki prospek kedepan dengan tujuan mendirikan suatu usaha dimana usaha ini
diharapkan akan menjadi lebih besar dan berkembang menjadi lebih besar suatu
hari nanti. Saya memiliki ide untuk membuat sebuah distro pakaian yang simple
yang nantinya dapat terlihat mewan dan elegan.
Dari apa
yang telah saya survei di lingkungan serta perkotaan saya dengan maraknya film
kartun dan anime yang telah memasuki perfilman Indonesia banyak sekali anak –
anak sampai orang dewasa yang menyukai film tersebut entah karena model
karakternya yang imut ataupun karakternya terlihat konyol dan terkesan unik
bahkan setiap film tersebut memiliki simbol ikonik yang akan membedakan setiap
tokoh yang ada di di setiap film tersebut. Atas kejadian seperti itu maka
dengan mantap dan yakin dengan mengucap kata Bismillah saya berniat untuk
mendirikan usaha Distro ini dimana usaha yang akan saya dirikan nantinya akan
berbeda dengan usaha sekitar yang memiliki model ataupun gaya pakaian yang hampir
mirip dengan gambar yang sama pula. Saya mengangkat tema Anime dan Kartun dalam
usaha ini dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen yang memiliki niatan
untuk membuat baju ataupun ingin menyablonkan baju mereka dengan karakter yang
mereka inginkan. Banyak jenis kain serta kualitas baik yang nantinya akan ada
di dalam distro yang akan saya dirikan nantinya, saya memiliki tujuan untuk mengembangkan
pakaian yang terkesan membosankan untuk dapat terlihat lebih menarik dengan
berbagai desain bentuk dan gambar berkatakter anime yang memang menjadi
kesukaan para anak kecil bahkan sampai orang dewasa sekalipun dan tentu pada
intinya berbeda jenis kain dengan kerumitan pesanan yang akan dibuatnya nanti
akan mempengaruhi tingkat harga yang akan diolah.
Di distro
yang akan saya dirikan nantinya akan ada beberapa desain yang terkesan tidak
umum karena di distro yang saya dirikan nantinya berbagai macam desain memiliki
karakter sesuai dengan banyaknya tokoh kartun dan anime yang ada di film
tersebut, ataupun jika konsumem ingin memiliki pakaian biasa dengan motif
karakter ataupun dengan logo anime aka nada kaon oblong ataupun kaos polosan
yang nantinya bias di sablonkan dengan pilihan gambar yang dipilih.
Tentunya
tidak semua pakaian yang nantinya akan saya jual terkesan berbau karakter
cosplay yang pakaiannya unik sesuai film anime ada juga pakaian biasa dan
pakaian busana muslim namun masih memiliki karakteristik yang khas terhadap
karakter anime tersebut dan dalam usaha yang akan saya dirikan nantinya
insayaallah tidak akan membuat pembeli merasa bosan dengan desain yang monoton
seperti itu - itu saja dan kurang menarik. Karena pada dasarnya dalam distro
pakaian usaha yang akan saya jalankan nantinya para pembeli bebas memilih
pakaian yang disukainya dan tentunya boleh menentukan desain pakaian yang ingin
dibuatnya sesuai dengan imajinasi serta karakter masing – masing pembeli.
Dalam distro
pakaian yang akan saya buat nantinya pembeli dapat memesan langsung bertatap
muka ataupun bias memesan via online dengan ketentuan dan cara yang benar
dengan mencantumkan nama dan alamatnya dengan jelas.
Rencana Bisnis
Dengan uraian yang ada di atas dengan niatan mantap
dengan do’a yang akan selalu saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa saya
ingin mengembangkan distro pakaian ini agar dapat dikenal dan dipasarkan di
dalam kota saya. Jika dalama perkembangannya semakin baik saya berniat untuk
membuka cabang yang tentunya berdasarkan survey tempat yang memang mendominasi
berbagai macam orang yang benar suka terhadap film kartun dan Anime Jepang saat
ini.
Dengan adanya program ini saya berharap akan dapat
mengurangi pengangguran disekitar tempat saya, dengan para tetangga yang memang
belum mendapatkan pekerjaan akan saya ajak untuk mengembangkan bisnis ini untuk
dapat menambah penghasilan bagi keluarganya nanti.
Visi:
·
Memberikan pengenalan fashion lewat
usaha distro pakaian
·
Mengubah gaya berpakaian yang
monoton.
·
Mendapatkan laba.
·
Mengajak para pembeli untuk
meningkatkan kreatifitas.
·
Memunculkan wirausahawan yang
terampil dan kreatif.
·
Mengurangi pengangguran di sekitar.
·
Menjalin persahabatan antara
pelanggan.
Misi:
·
Memberikan pelayanan yang baik.
·
Memberikak kualitas terbaik.
·
Memuaskan seleran konsumen.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
A. Profil
Usaha
Berikut ini adalah profil perusahaan yang direncanakan:
- Nama Usaha : Masadit Cloth
- Bidang Usaha : Usaha Tekstil
- Jenis Produk/Jasa : Pakaian Berkarakter
- Alamat Usaha : Jl. Sunan Muria
- Nomor Telepon : 085879922332
- Alamat Email : kaptenaddid@gmail.com
- Bentuk Badan : Hukum Perseorangan
- Mulai Berdiri : 31-03-2017
B. Biodata
Pemilik
1. Nama : Aditya Kurniawan
2. Jabatan : Pemilik Perusahaan
3. Tempat dan Tgl. Lahir : Kudus 11 Januari 1996
4. Alamat Rumah : Ds. Kaliputu Rt 2 Rw 2
5. Nomor Telepon/HP : 085879922332
6. Alamat Email : kaptenaddid@gmail.com
7. Pendidikan Terakhir : SMK
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur Organisasi dibentuk untuk
mempermudah setiap pengerjaan suatu usaha agar dapat dinilai maksimal dalam
pengerjaannya. Dalam struktur organisasi tentunya telah dipilih seseorang yang
memang mahir dalam pengerjaan tersebut dan dinilai cekatan dalam setiap
pekerjaan yang dilakukannya. Dan dalam struktur organisasi setiap karyawan yang
telah diberi mandat atau amanat dan tanggung jawab yang nantinya akan dipegang
tegung untuk memaksimalkan kinerja suatu bisnis begitu pula dalam menjalankan
usaha distro yang nantinya akan saya buat dan nantinya akan saya kembangkan
ini. Adapun perincian dari setiap masing – masing karyawan tersebut sebagai
berikut:
1.
Nama : Aditya Kurniawan
2.
TTL : Kudus, 11 Januari 1996
3.
Alamat : Ds. Kaliputu Rt 2 Rw 2 Gang 4
4.
Status : Lajang
5.
No. Telp : 085879922332
6.
Jabatan : Pimpinan Usaha (CEO)
1.
Nama : Insan kamla Yamani
2.
TTL : Kudus, 14 Mei 1994
3.
Alamat : Ds. Kaliputu Rt 3 Rw 3 Gang 7
4.
Status : Lajang
5.
No. Telp : 085778966451
6.
Jabatan : Administrasi dan Bendahara
1.
Nama : Rizka Wardana
2.
TTL : Kudus, 25 Juli 1990
3.
Alamat : Ds. Kaliputu Rt 2 Rw 2 gang 4
4.
Status : Lajang
5.
No. Telp : 085787542231
6.
Jabatan : Pemasaran & Promosi
1.
Nama : Dani Prasetya
2.
TTL : Kudus, 20 Juli 1995
3.
Alamat : Ds. Kaliputu Rt 2 Rw 2 Gang 2
4.
Status : Lajang
5.
No. Telp : 085326596065
6.
Jabatan : Desainer & Penjahit
1.
Nama : Mochamad Fauzi
2.
TTL : Kudus, 25 Juli 1990
3.
Alamat : Ds. Kaliputu Rt 2 Rw 2 Gang 8
4.
Status : Lajang
5.
No. Telp : 085775122231
6.
Jabatan : Penyablon/Pencetak Gambar
1.
Nama : Arifka Faqih
2.
TTL : Kudus, 24 MAret 1992
3.
Alamat : Ds. Kaliputu Rt 2 Rw 2 Gang 6
4.
Status : Lajang
5.
No. Telp : 085774835575
6.
Jabatan : Pemasaran & Promosi
BAB IV
PRODUK USAHA
Aspek Produk
1. Jenis Barang
Jenis barang yang akan saya jual merupakan salah satu kebutuhan manusia
yang umumnya dipakai untuk menutup aurat ataupun bagian tubuhnya yaitu berupa
pakaian. Pakaian yang dijual dalam usaha ini adalah pakaian sama pada umumnya,
namun yang menjadi bahan perbedaan dari pakaian yang akan dijual kali ini yaitu
berisikan gambar tokoh dan karakter sebuah anime dan kartun yang dapat
dijadikan suatu penyejuk mata ataupun penghibur hati ketika sedang bosan dengan
yang polosan ataupun yang biasa – biasa saja. Selain menjual produk jadi distro
yang akan saya bangun kali ini bias juga membuat pesanan pakaian yang berasal
dari gambar anime yang sering tampil di serial anime jepang atau nama lainnya
dikenal dengan sebutan baju cosplay. Tentu saja bahan serta desain dapat
ditentukan sendiri oleh sang pembeli namun jika pembeli merasa kebingungan maka
kami selaku produsen dan pembuat pakaian bias diminta untuk menentukan jenis
desain dan jenisa kain yang nantinya akan dibuat pakaian. Barang formal atau
barang umum yang nantinya akan dijual yaitu pakaian seperti biasa yaitu
seperti: Kemeja, Kaos, Celana, Jas, dan tentunya ada pakaian muslim khusus laki
– laki dan anak kecil dengan cetakan gambar sablon yang timbul yan bergambarkan
tokoh kartun dan anime.
2. Volume Produk yang Dijual
Untuk volume
produk yang dijual setiap bulanya berbeda sesuai dengan jenis pakaian sablon berkarakter anime dan kartun yang ditentukan barangnya seperti
berikut:
Kemeja :
15 pcs
Kaos :
15 pcs
Celana :
15 pcs
Jas :
10 pcs
Busana Muslim : 6 pcs
3. Pelaksanaan Kegiatan
Usaha ini mulai dibuka pada pukul 10.00 WIB
sampai pukul 22.00 WIB dan libur menyesuaikan tanggalan nasional agar
pegawainya juga tidak jenuh dalam bekerja. Usaha dilakukan pada pukul tersebut
karena sekiranya anak – anak sekolah dan masyarakat sudah memulai aktivitasnya
sehingga pada siang hari sampai malam hari ketika ada masyarakat ataupun
mahasiswa yang pulang kuliah ataupun para pekerja yang sedang pulang bekerja
dapat mnegetahui usaha yang berada di pinggir jalan tersebut sehingga tercipta
peluang untuk menjadi daya tarik masyarakat dalam menjual barang.
4. Jumlah Tenaga Kerja
Jumlah pegawainya kurang lebih sekitar 5 orang dimana setiap masing –
masing pegawai telah diberi job serta tugas masing – masing sesuai dengan
keahliannya dibidang tersebut.
5. Rencana Perluasan Produk
Pada rencana perluasan usaha yang akan didirikan saya selaku CEO dan
karyawan lainnya menargetkan wilayah serta memilih tempat yang strategis dimana
para konsumen tertarik pada film serial anime ataupun kartun yang kurang
lebihnya berada di kawasan dekat kampus (perguruan tinggi) dan di sekitar
sekolah dimana banyak anak kecil yang memang suka dengan kartun serta anime. Serta tidak kalah pentingnya kami juga membuka usaha melalui media
online, jadi apabila seseorang yang jauh tertarik dengan model desain pakaian
yang nantinya akan kami jual maka bisa bertransaksi melalui media online juga.
BAB V
ASPEK PEMASARAN
Merupakan tiga hal yang sangat menentukan kesuksesan suatu
usaha dipasaran. Target pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan oleh
perusahaan ini adalah konsumen dari semua kalangan. Sasaran ditujukan pada
masyarakat umum, terutama muda-mudi yang sedang mengalami pertumbuhan menuju
dewasa.
Kita bisa mengiklankan
produk kita dengan bahasa yang mengikat dan membentuk opini masyarakat sehingga
pemikiran masyarakat (terutama muda-mudi) memiliki pemikiran bila seseorang
yang spesial dihidupnya sedng berulang tahun ataupun sedang ingin mengungkpkan
cinta bisa menggunakan produk ini dalam menyimbolkan rasa cintanya.
Dari aspek pemasaran yang nantinya akan dilakukan yaitu sebagai berikut:
Aspek Pemasaran
1.
Target Konsumen
Konsumen ataupun pembeli yang nantinya menjadi target
pemasaran usaha ini yaitu disekitar distro, pengunjung ataupun mahasiswa
setempat maupun luar daerah yang memang tertarik pada promosi serta produk
distro anime yang akan saya dirikan ini.
2.
Ukuran dan Trend Pasar
Ukuran yang disediakan akan disesuaikan dengan ukuran
pada umumnya pakaian yang aa di pasaran namun jika konsumen atau pembeli ingin
memiliki bentuk ukuran yang berbeda maka dapat meminta ukuran yang berbeda pada
saat proses pembuatan produk dengan harga yang bervariasi sesuai dengan harga
ukuran serta tingkat kerumitan dalam pembuatannya.
3.
Situasi Persaingan
Persaingan yang terjadi di tempat usaha saya sekiranya
belum ada karena kebanyakan pesaing usaha adalah minimarket dan took baju
formal pada umumnya. Jika ada pun hanya sebatas took pakaian sekolah dan busana
muslim yang memang sudah ada sejak dulu, namun saya kira tidak terlalu menjadi
ancaman, karena memang distro yang akan saya dirikan nantinya memiliki ciri
khas yang dapat menarik minatan pembeli yang berada di sekitar karena belum ada
yang memiliki usaha semirip mungkin dengan usaha yang akan saya dirikan
nantinya.
4.
Strategi dan Teknik Pemasaran
Teknik pemasaran dilakukan guna menjadi acuan untuk
meningkatkan jumlah penjualan produk setiap bulannya. Dan teknik pemasaran yang
akan saya lakukan diantaranya seperti berikut ini:
a.
Dari Mulut ke Mulut
Produk di pasarkan dan dikenalkan
dengan bertatap muka pada saat pengunjung memasuki area usaha dimana nanti akan
dijelaskan lebih spesifik terhadap produk yang akan dipasarkan
b.
Brosur
Dengan melalui brosur saya akan
mengenalkan produk yang akan saya dirikan ini yang nantinya akan ditempelkan
dan disebarkan di berbagai tempat yang strategis, misalnya seperti warnet,
sekolahan, pasar dan universitas terdekat.
c.
Event
Event disini yang dimaksudkan yaitu
memasarkan produk dan mengenalkannya melalui acara – acara khusus seperti expo,
car free day, ataupun pesta rakyat yang nantinya mengajak beberapa pengusaha
untuk mengenalkan produknya.
d.
Media Online
Disini siapa yang tidak mengetahui media Online,
banyak dari masyarakat telah mengenal media online yang tentunya dari anak
kecil, remaja, bapa/ibu, bahkan kakek – kakek dapat emngakses media tersebut.
Dan kami juga akan memasarkan produknya melalui media online yang nantinya akan
ditaruh dalam sebuah blog, fb, instagram dan tentunya juga akan dipasarkan
melalui bukalapak, tokopedia, ataupun yang lainnya juga.
5.
Penetapan Harga
Harga yang
ditentukan nantinya akan di pengaruhi dari keadaan pasar dimana bahan baku,
bbm, tempat sewa serta faktor lainnya akan mempengaruhi harga suatu produk.
Namun harga produk yang dipasarkan berkisar antara 80 – 200 ribu, dan harga
bias saja bertambah menyesuaikan tingkat kerumitan desain produk yang diminta
oleh konsumen.
Analisis
SWOT
1. Strenght (Kekuatan)
Bisnis yang
akan saya dirikan memang pada dasarnya untuk memenuhi keinginan konsumen akan
sebuah pakaian yang unik dengan berbagai macam gaya karena dijaman modern ini para
anak mudapun selali eksis dalam mengelola pakaiannya dan merasa bosan dengan
yang itu – itu saja.
2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan
produk yang nantinya akan dipasarkan yaitu memang tidak semua masyarakat
fanatic dengan anime ataupun kartun jepang.
3.
Opportunnity (Peluang)
Sebagian
masyarakat disekitar usaha saya memang bisa dibilang fanatik terhadap film
anime jepang dan juga banyak anak kecil dan para remaja yang ada disekitar
usaha yang akan saya dirikan nantinya, oleh karena itu akan sangat disayangkan
jika pecinta anime dan kartun tidak memiliki pakaian yang memiliki karakter dan
cirikhas dari anime itu sendiri dan pakaian yang akan saya jual nantinya juga
selalu mengikuti tred yang sedang menjamur dipasaran.
4. Threat (Ancaman)
Ancaman
usaha ini kedepannya yaitu apabila ada usaha baru yang menyerupai usaha yang
sedang saya lakukan dengan harga yang lebih murah dengan kualitas yang kurang
maksimal juga karena kebanyakan masyarakat memang memilih produk kain dengan
harga murah bukan karena kualitas dari barang tersebut.
Aspek Teknis
1. Rencana Suplay
Dalam
melakukan penjualan produk akan dibagi menjadi 2 jenis yaitu seperti bertemu
langsung dengan bertatap muka dan juga melalui media online jika memang usaha
yang dilakukan dipengaruhi jarak dan kesibukan masing – masing.
2. Kebutuhan Peralatan dan
Perlengkapan
Usaha yang
nantiny akan dilakukan memerlukan beberapa perlengkapan di dalam yang akan
membantu mempermudah dalam proses operasionjal penjualan, perlengkapan tersebut
antara lain:
ü
Kaca.
ü
Kursi.
ü
Rak Gantung.
ü
Hanger.
ü
Dan perlengkapan yang menunjang
pakaian nagar tetap rapi.
3. Teknik Display
Dekorasi
penempatan pakaian dibedakan menjadi beberapa jenis yang berupa kaos, kemeja,
celana ataupun yang lainnya dan tentunya akan di switch/diganti sewaktu waktu aga seseorang yang melihat tidak bosan
karena desain yang monoton itu – itu saja setiap harinya. Dan tentunya akan
ditampilkan juga produk pakaian yang nantinya akan menjadi cirikhas tentang
distro yang digunakan untuk menarik perhatian pembeli.
BAB VI
RENCANA KEUANGAN
A.
Hasil
Penjualan
Rincian hasil penjualan Per hari sebagai berikut:
Jenis
Produksi
|
Harga
|
Jumlah
|
1. Kaos
|
Rp
70.000,00 X 15
|
Rp 1.050.000,00
|
2. Jas
|
Rp 100.000,00 X 10
|
Rp 1.000.000,00
|
3. Celana
|
Rp
120.000,00 X 15
|
Rp 1.800.000,00
|
Kemeja
|
Rp 80.000,00 X 15
|
Rp 1.200.000,00
|
4. Busana Muslim
|
Rp
125.000,00 X 6
|
Rp 750.000,00
|
Total
penjualan perhari
|
Rp 5.800.000,00
|
B.
Rencana Upah Tenaga Kerja
Adapun rencana upah tenaga kerja 1(satu) bulan
1 orang desainer
|
= Rp 1.560.000,00
|
1 orang administrasi keuangan
|
= Rp 1.300.000,00
|
1 orang penyablon
|
= Rp 1.300.000,00
|
2 orang pemasaran produk
|
= Rp 2.340.000,00
|
Jumlah
|
=
Rp 6.500.000,00
|
C.
Perkiraan Pendapatan dan Pengeluaran per bulan
I.
Pendapatan penjualan perbulan
30
X Rp 5.800.000,00 Rp
174.000.000,00
II.
Pengeluaran per bulan
1.
Bahan baku 50% X Rp 174.000.000,00 Rp 87.000.000,00
2.
Upah tenaga kerja Rp 6.500.000,00
3.
Biaya lain lain
-Sewa tempat usaha Rp 500.000,00
-Transportasi Rp 300.000,00
-Uang makan Rp 20.000 x 21 hari Rp
420.000,00
-Lain lain 20% X Rp 174.000.000,00 Rp
34.800.000,00
Jumlah pengeluaran perbulan Rp 129.520.000,00 ( -)
Pendapatan
per bulan Rp 44.480.000,00
D. Sumber Modal
No
|
Sumber Modal
|
Jumlah
|
1.
|
Modal
Sendiri
|
Rp 5.000.000,00
|
2.
|
Modal
Pinjaman Orang Tua
|
Rp 30.000.000,00
|
Total
|
Rp 35.000.000,00
|
E. Modal
atau Investasi
No
|
Jenis Investasi
|
Jumlah
|
Total
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Alas Tikar
Almari
Hanger Gantung
Meja
Mesin Jahit
Gunting kain
Komputer
Kaca
Printer
Mesin cetak Sablon
|
4 x Rp
350.000,00
4 x Rp
500.000,00
4 x Rp
300.000,00
2 x Rp
150.000,00
2 x Rp
500.000,00
5 x Rp
20.000,00
2 x Rp
3.000.000,00
2 x Rp
250.000,00
2 x Rp
750.000,00
2 x Rp 6.000.000,00
|
Rp
1.400.000,00
Rp
2.000.000,00
Rp
1.200.000,00
Rp
300.000,00
Rp
1.000.000,00
Rp
100.000,00
Rp
6.000.000,00
Rp
500.000,00
Rp
1.500.000,00
Rp 12.000.000,00
|
Total
|
Rp 26.000.000,00
|
Bahan
Baku
No
|
Nama bahan baku
|
Harga
|
Jumlah
|
1.
2.
3.
4.
|
Cat Rubber
Kain Katun Combat/m
Kain
Kanvas/m
Busana Muslim/pcs
|
6 x Rp
300.000,00
40 x Rp
21.000,00
30 x Rp
92.000,00
15 x Rp 150.000,00
|
Rp 1.800.000,00
Rp
840.000,00
Rp 2.760.000,00
Rp 2.250.000,00
|
5.
|
Aksesoris pakaian/set
|
10 x Rp 135.000,00
|
Rp 1.350.000,00
|
Total
|
Rp 9.000.000,00
|
Jumlah
modal keseluruhan =
Rp
26.000.000,00 + Rp 9.000.000,00 = Rp 35.000.000,00
BAB VII
PENUTUP
Pakaian
merupakan hal penting yang harus dipakai dalam sebuah kehidupan dan tentunya
sebagai pelindung tubuh untuk dapat terlihat sopan dan baik. Namun tidak kalah
pentingnya dalam sebuah berpakaian mengenal yang namanya fashion karena dengan hal tersebut pakaian yang biasa saja dapat
terlihat lebih menarik dan tentunya bias berbeda – beda pada setiap orang yang
memakainya.
Dalam
perkembangan jaman yang kian bertambah tentusaja akan banyak pakaian dengan
motif serta bentuk yang unik dan masih mengenal batas sopan, terutama pada
masyarakat sekitar yang suka terhadak film anime jepang dan kartun pada umumnya
ingin memiliki pakaian yang dipakai oleh karakter yang ada di dalam film
tersebut oleh karena itu dengan mengucap Bismillah saya dengan ini akan menciptakan
sebuah pakaian yang bagus sesuai dengan permintaan pembeli yang nantinya dapat
menjadi kebanggaan tersendiri bagi yang memakainya.
Dari
proposal yang telah saya rangkai ini dapat dikatakan usaha distro yang akan
diproses sedemiukian rupa mampu menambah penghasilan yang sekiranya sangat
menguntungkan dengan tujuan mengurangi jumlah pengangguran di sekitar juga yang
nantinya dapat membantu finansial ekonomi bagi keluarganya dan sewaktu – waktu
dapat dikembangkan lebih besar dan baik juga.
BAB VIII
LAMPIRAN
Desain Kaos & Jaket
PEMERINTAH
KABUPATEN KUDUS
KECAMATAN kota
KEPALA DESA KALIPUTU
Rt. 002 Rw. 002
=======================================================================
SURAT
KETERANGAN USAHA
Nomor
: XX/SKU-KB/2017
Ketua Rt. 02 Desa Kaliputu,
dengan ini menerangkan bahwa :
Nama
|
:
|
Aditya Kurniawan
|
No. KTP
|
:
|
3319021101960003
|
Tempat, Tgl Lahir
|
:
|
Kudus, 11 Januari 1996
|
Agama
|
:
|
Islam
|
Pekerjaan
|
:
|
Mahasiswa
|
Alamat
|
:
|
Ds. Kaliputu Rt. 002 Rw.002 Kec.
Kota Kab. Kudus
|
Nama yang tersebut di
atas adalah benar penduduk yang berdomisili sesuai dengan keterangan yang di
berikan.
Berdasarkan pengamatan
kami bahwa nama tersebut di atas adalah benar akan mendirikan distro pakaian yang mana usaha
tersebut bernama “MASADIT
CLOTH”.
Demikian Surat Keterangan
Usaha ini dibuat, Untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Pemilik usaha
(Aditya Kurniawan)
|
Kudus, Maret 2017
Mengetahui Ketua Rt. 002
(.................................)
|
Kepada pemilik usaha kopi Jepara yang saya hormati Aditya Kurniawan izinkan saya berkenan diri dan ingin mengajukan lamaran pekerjaan ditempat yang saudara pimpin
BalasHapusApakah ada pelatihan atau edukasi khusus yang dibutuhkan untuk memulai usaha distro? Visit Us Telkom University
BalasHapus