PROPOSAL
USAHA KONVEKSI BUSANA MUSLIMAH DAN JILBAB
“SENJA KONVEKSI”
NAMA : TAUFIK ADITIYA
NIM : 201511257
PROGRAM STUDY EKONOMI
MANAGEMENT
UNIVERSITAS
MURIA KUDUS
TAHUN
AJARAN 2016
HALAMAN
PENGESAHAN
A. Data Perusahaan
a. Nama Perusahaan : SENJA KONVEKSI
b. Bidang Usaha : Konveksi
c. Jenis Produk : Busana muslimah dan jilbab
d. Alamat : Jln.
H.O.S. Cokroaminoto mlati norowito
No 31 gang 3 kudus
e. Nomor Telepon : 085293195006
B. Data Pemilik
a. Nama Pemilik : Taufik Aditiya
b. Tempat tanggal
lahir : Karanganyar, 24 Juli 1988
c. Alamat : Ds.
Karanganyar Kec. Wonosobo Kab.
Tanggamus, Lampung
f. Nomor Telepon : 085293195006
d. Struktur
Organisasi :
Ketua : Taufik Aditiya
Anggota : Galih
Sofi
Kiki
Ilham
Kudus, 31 Maret 2017
Pemilik
Taufik Aditiya
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahat dan hidayahNya kepada kita
semua umumnya dan pada saya khususnya sehingga dapat menyelesaikan tugas
proposal ini.
Tugas ini dapat
terlaksana karena adanya dukungan baik material maupun spiritual dari semua
pihak yang telah membantu kelancaran tugas ini. Oleh karena itu saya
mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu menyelesaikan
tugas ini.
Besar harapan saya
agar proposal ini dapat bermanfaat bagi semua phak untuk dijadikan pertimbangan
dan koreksi selanjutnya. Saya mohon maaf apabila dalam penyusunan proposal ini
terdapat kesalahan ataupun kerancuan baik dalam bahasa ataupun tulisan. Saya
juga menerima kritik dan saran dari pembaca yang nantinya akan berguna bagi
saya.
Kudus, 31 Maret 2017
Penyusun
Taufik Aditiya
DAFTAR ISI
Cover .............................................................................................................. ... i
Halaman Pengesahan ......................................................................................... ii
Kata Pengantar ................................................................................................. iii
Daftar Isi .......................................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang ............................................................................................ 1
1.2
Tujuan ...................................................................................................... .. 2
1.3
Visi dan misi ............................................................................................ .. 2
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
2.1 Usaha yang dijalankan ............................................................................... 3
2.2 Analisa peluang usaha ................................................................................ 3
2.3 Analisis persaingan ..................................................................................... 4
BAB III STRUKTUR
ORGANISASI ......................................................... .. 5
BAB IV PRODUK USAHA
4.1 Product (barang) ......................................................................................... 8
4.2 Gambaran produk ....................................................................................... 8
4.3 Rencana produksi ....................................................................................... 8
4.4 Pengembangan produk ............................................................................... 9
BAB V ASPEK PEMASARAN
5.1 Aspek makro
............................................................................................ 10
5.2 Aspek mikro
............................................................................................. 10
BAB VI RENCANA KEUANGAN ............................................................ 11
BAB VII PENUTUP
7.1 Kesimpulan
.............................................................................................. 13
7.2 Saran ........................................................................................................ 13
BAB VIII LAMPIRAN
8.1 Denah usaha
............................................................................................. 14
8.2 Surat keterangan RT ................................................................................. 15
8.3 Identitas pemilik ....................................................................................... 16
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula fashion yang ada
di indonesia termasuk juga busana muslimah dan jilbab. Hal ini terjadi karena kebutuhan
busana muslimah dan jilbab yang meningkat tajam. Apalagi untuk event-event tertentu
seperti ketika akan memasuki masa bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul
Fitri dan Idul Adha . Banyak wanita dan remaja putri yang mengenakan busana muslimah dan jilbab untuk mempercantik penampilan
mereka ketika bersilaturahmi kepada sanak keluarga.
Jilbab
tidak lagi hanya sekedar penutup kepala. Tetapi Jilbab tersebut sudah menjadi
suatu keharusan dalam menciptakan penampilan yang modis dan menarik. Ini
terlihat dari banyaknya penjual-penjual jilbab yang memenuhi hampir di semua
pusat-pusat perbelanjaan. Banyak pula buku-buku yang sengaja ditulis dan
dicetak untuk memberikan panduan dan variasi penggunaan jilbab sehingga semakin
banyak lagi para wanita dan remaja putri yang akhirnya memiliki untuk
mengenakan jilbab atau kerudung sebagai pelengkap penampilan mereka.
Usaha
konveksi
busana muslimah dan jilbab ini adalah salah satu
usaha yang memiliki kemungkinan rugi yang sangat kecil karena busana muslimah dan jilbab merupakan produk yang
tidak mudah rusak dan tidak bisa basi
dengan penyimpanan yang benar. Dulu hijab hanya
memiliki disain yang monoton dan tidak memiliki seni keindahan dan cendrung
berwarna gelap, maka dari itu usaha kami yang bergerak dalam bidang konveksi busana muslimah dan
jilbab ingin
menciptakan produk yang mempunyai
keindahan, seni, inovasi, serta mengkombinasikan busana muslimah dan jilbab
dengan gaya yang up to date sehingga banyak yang berminat untuk menggunakan produk kami dan yang pasti
tetap syar’i.
1.2 TUJUAN
a.
Proposal ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan
b.
Sebagai penilaian atas pemahan dan praktek dari tugas mata kuliah
kewirausahaan
c.
Inisiatif wirausaha sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha
d.
Memajukan kehidupan masyarakat dan memperbaiki perekonomian masyarakat
e.
Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha
f.
Melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik
g.
Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha
h.
Sebagai pekerjaan sambilan yang menjanjikan
1.3 VISI DAN MISI
VISI :“Menciptakan
produk busana muslimah dan jilbab
yang berkualitas, inovativ, ter up to date dan menguasai pengsa pasar
nasional dan juga sebagai salah satu media dakwah islami”.
MISI :“Memberikan
dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan para
pelanggan”.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1 USAHA YANG DIJALANKAN
Usaha konveksi ini merupakan usaha yang baru akan dilaksanakan dengan
memproduksi sendiri oleh pemilik dengan dibantu oleh beberapa karyawan. Usaha ini
kami beri nama “SENJA KONVEKSI”. Jenis barang yang diproduksi adalah busana
muslimah dan jilbab, dangan memilih usaha
ini kami yakin usaha kami akan
berkembang dan maju, dikaranakan
pada saat ini banyak sekali wanita-wanita remaja yang gemar memakai hijab
sebagai sala satu fashion mereka. Produk yang akan dilakukan dengan mendistribusikan ke pasar-pasar
di berbagai toko baju dan toko jilbab.
2.2 ANALISA PELUANG USAHA
Untuk menjalankan usaha kami disini ada beberapa
analisa yang menjelaskan kelebihan, kelemahan, keuntungan
dan ancaman.
1. Strangt (kelebihan)
·
Harga terjangkau
·
Berbeda dari produk yang lain
dikarenakan di desain sedemikian mungkin agar lebih menonjol dan lebih menarik untuk di kenakan
·
Desain sesuai dengan keinginan
konsumen
·
Tidak terasa
panas saat dikenakan dan tidak muda kusam
·
Bahan produk yang terjamin dan
berkualitas
2. Weakness (Kelemahan)
·
Ada beberapa bahan baku yang susah
untuk di produksi ulang kembali
·
Produk mudah ditiru
3. Opportunity (Peluang)
·
Busana muslimah dan jilbab sekarang sudang menjadi trand sebagai fashion bagi
para wanita ,maka banyak sekali para wanita yang mencari dan mengginginkan
hijab yang bagus dan beranaka ragam jenis
terbaru untuk di kenakan.
4. Threats (Ancaman)
·
Munculnya variasi model busana muslimah dan jilbab baru
·
Munculnya pesaing baru
2.3
ANALISIS PERSAINGAN
Berdasarkan analisis ancaman bahwa suatu usaha pasti
mempunyai suatu saingan perusahaan lain. Akan tetapi karena usaha SENJA
KONVEKSI ini mempunyai ciri khas yaitu dalam pemesanannya desain busana dan
jilbabnya bisa sesuai dengan kehendak pemesan. Jadi, hal ini merupakan kekuatan
untuk menarik pelanggan agar tidak memudar kepercayaannya serta menarik
konsumen lain agar menjadi pelanggan.
Selain dengan ciri khas produk, untuk
menghadapi persaingan kami memberikan pelayanan yang ramah terhadap
pembeli/konsumen/pelanggan. Dengan adanya pelayanan yang baik, maka mereka akan
merasa nyaman dan puas membeli produk usaha kami.
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur oragnisasi diperlukan dalam Bidang Usaha untuk
membedakan batas-batas wewenang dan tanggung jawab secara sistematis yang menunjukkan
adanya hubungan/keterkaitan antara setiap bagian untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan.
Demi tercapainya tujuan umum suatu instansi diperlukan
wadah untuk mengatur seluruh aktivitas maupun kegiatan instansi tersebut.
Pengaturan ini dhubungkan dengan pencapaian tujuan instansi yang telah
ditetapkan sebelumnya. Wadah tersebut disusun dalam suatu struktur organisasi
dalam instansi.
PEMILIK
TAUFIK ADITIYA
|
ACCOUNTING
SOFI
|
PRODUKSI
GALIH & KIKI
|
PEMASARAN
ILHAM
|
PARTNER
|
1.
Partner
Dalam proses produksi busana muslimah dan jilbab tentu saja kami tidak
dapat langsung berdiri dengan semuanya ditangulangi oleh sendiri. Oleh karena
itu dibutuhkan partner yang bisa mempermudah dalam proses produksi. Perusahaan
bordir dan toko garment merupakan partner yang dituju.
2.
Struktur Organisasi Bisnis
Kami berencana membentuk sebuah badan hukum untuk bisnis
kami. Kami bermaksud mengembangkan usaha kami menjadi sebuah perusahana besar.
Seluruh biaya operasional awal dan berikutnya sebagai sebuah badan hukum akan
menjadi pengeluaran bisnis yang penting. Manajemen usaha SENJA KONVEKSI ini
terdiri atas:
a.
Manajer
Manajer usaha ini adalah kami sendiri. Tugas utama kami
sebagai manajer adalah mengelola, memimpin dan mengawasi semua jalannya usaha.
b.
Produksi
Bagian produksi terdiri dari desainer, cutting man,
penjahit dan finishing produk. Peran dari desainer adalah merancang pola baju
dan jilbab sesuai dengan pesanan maupun mengikuti trend masyarakat. Peran dari
cutting man adalah memotong kain sesuai pola. Peran penjahit adalah membuat
menjahit baju dan jilbab sampai produk siap ke tahap berikutnya sedangkan peran
finishing produk adalah merapikan hasil dari penjahit serta mengemas baju dan
jilbab hingga siap dipasarkan. Bagian produksi bertanggung jawab atas
pengeluaran biaya produksinya.
c.
Accounting
Peran accounting adalah mengatur aliran kas masuk dan
keluar. Bagian accounting bertanggung jawab atas kelancaran keuangan. Lancar
tidaknya keuangan mempengaruhi berkembangnya suatu usaha.
d.
Pemasaran
Peran pemasaran adalah mempromosikan produk SENJA
KONVEKSI, menjual dan menitipkan ke toko-toko sasaran, serta menerima pesanan.
BAB IV
PRODUK USAHA
4.1
PRODUCT (BARANG)
Produk yang
akan kami didistribusikan seperti:
· Busana muslimah
· Jilbab segi
empat biasa
· Jilbab
bordir
· Jilbab
pashmina
· Kerudung
biasa (langsung pakai)
· Kerudung
langsung lengan
· Anak dalaman
jilbab
4.2 GAMBARAN PRODUK
Produk yang akan diluncurkan didesain sedemikian rupa sehingga membuat busana muslimah dan jilbab tersebut dapat terlihat rapi walau tanpa disetrika,
praktis untuk digunakan, nyaman dipakai, tidak membuat penggunanya merasa
kepanasan, serta modis dan selalu mengikuti perkembangan trend masa kini.
4.3
RENCANA PRODUKSI
Untuk memulai usaha ini, rencana awal
adalah memproduksi busana muslimah dan jilbab dalam skala kecil yang
ditanggulangi oleh sendiri dan beberapa orang karyawan. Kemudian setelah
mengalami perkembangan atau produk SENJA KONVEKSI laku terjual dipasaran, langkah
selanjutnya adalah memproduksi dalam skala besar yaitu menambah daya produksi
dengan memperbanyak karyawan serta membuka cabang-cabang dengan fasilitas
berupa satu gedung utama dan tentu saja beberapa gedung untuk cabang-cabangnya.
Adapun proses produksi dilakukan dengan dimulai dari penyediaan alat dan bahan
yang tentu saja berupa mesin jahit, mesin potong kain, mesin stik, dan strika.
Bahan bakunya yang terdiri dari beberapa yard kain, beberapa lusin benang, reslating, dan
beberapa meter kain busa. Semua bahan diperoleh dari toko garment yang susah
menjadi partner.
4.4
PENGEMBANGAN PRODUK
Untuk mengembangkan produk SENJA
KONVEKSI ini, kami akan selalu menjaga kualitas produk yang dihasilkan dengan
selalu menjaga kerapian, ketelitian dan menyediakan model yang tidak monoton.
Serta jumlah produk juga akan ditambah.
BAB V
ASPEK PEMASARAN
5.1
ASPEK MAKRO
Pasar yang menjadi sasaran kami adalah seluruh masyarakat umum baik
konsumen langsung atau penyalur. Selain itu, juga musim lebaran tiba banyak menyalur
yang memesan busana muslim dan jilbab. Oleh karena itu, usaha SENJA KONVEKSI
ini mempunyai peluang untuk dijalankan dan memberi potensi mendatangkan profit
yang lumayan besar.
5.2
ASPEK MIKRO
·
Produk :Desain
busana muslim dan jilbab yang dapat sesuai dengan
keinginan sendiri dengan menggunakan bahan
yang
terjamin
dan berkualitas.
·
Price :Strategi harga yang diambil
merupakan harga yang
terjangkau
·
Place :Pendistribusian dilakukan pada
promosi-promosi melalui
iklan berbentuk brosur dan iklan melalui
jejaring sosial.
·
Promotion :Pendekatan
dengan promosi secara langsung, melalui
website dan social media lainnya.
BAB VI
RENCANA KEUANGAN
a. Operasional
NO
|
JENIS ITEM
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
HARGA
|
1.
|
Sewa tempat
|
1 Tahun
|
|
Rp. 7.000.000,00
|
2.
|
Gaji karyawan
|
4 orang
|
Rp. 750.000,00
|
Rp. 3.000.000,00
|
3.
|
Biaya listrik dan air
|
1 bulan
|
|
Rp. 300.000,00
|
4.
|
Perawatan mesin
|
1 bulan
|
|
Rp. 200.000,00
|
TOTAL
|
Rp. 10.500.000,00
|
b. Alat
NO
|
JENIS ITEM
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
HARGA
|
1.
|
Mesin jahit
|
2 buah
|
Rp. 3.500.000,00
|
Rp. 7.000.000,00
|
2.
|
Mesin obras
|
1 buah
|
Rp. 2.500.000,00
|
Rp. 2.500.000,00
|
3.
|
Mesin potong
|
1 buah
|
Rp. 3.000.000,00
|
Rp. 3.000.000,00
|
4.
|
Mesin lubang kancing
|
1 buah
|
Rp. 2.000.000,00
|
Rp. 2.000.000,00
|
TOTAL
|
Rp. 14.500.000,00
|
c. Bahan
NO
|
JENIS ITEM
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
HARGA
|
1.
|
Benang
|
50 gulung
|
Rp.
8.000,00
|
Rp. 400.000,00
|
2.
|
Bahan
|
10 gulung
|
Rp. 1.500.000,00
|
Rp. 15.000.000,00
|
3.
|
Resleting
|
5 kodi
|
Rp. 120.000,00
|
Rp. 600.000,00
|
4.
|
Kancing
|
3 kg
|
Rp. 80.000,00
|
Rp 240.000,00
|
5.
|
Karet
|
50 kg
|
Rp.
60.000,00
|
Rp.
3.000.000,00
|
6.
|
Plastik
|
3 kodi
|
Rp.
60.000,00
|
Rp.
1.800.000,00
|
7.
|
Jarum mesin
|
50 pack
|
Rp.
3.000,00
|
Rp. 150.000,00
|
8.
|
Gunting
|
1 lusin
|
Rp 120.000,00
|
Rp. 120.000,00
|
9.
|
Meteran
|
5 buah
|
Rp
15.000,00
|
Rp.
75.000,00
|
10.
|
Tali
|
5 gulung
|
Rp
15.000,00
|
Rp.
75.000,00
|
11.
|
Kantong
|
5 pack
|
Rp
26.000,00
|
Rp.
130.000,00
|
12.
|
Perekat bahan
|
5 gulung
|
Rp
50.000,00
|
Rp. 250.000,00
|
TOTAL
|
Rp. 21.840.000,00
|
Total semua modal yang dibutuhkan
a. Operasional : Rp. 10.500.000,00
b. Alat : Rp. 14.500.000,00
c. Bahan : Rp. 21.840.000,00 +
TOTAL : Rp. 46.840.000,00
BAB VII
PENUTUP
7.1 KESIMPULAN
Melalui usaha konveksi busana muslimah dan jilbab ini kami berharap
nantinya akan menjadi tempat pengapresiasi kreatifitas masyarakat dan bisa
menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini nantinya mungkin akan
menjadi motivator untuk para remaja di Indonesia bisa kreatif dan membuka usaha
sendiri. Sehingga dapat meminimalkan angka pengangguran.
7.2 SARAN
Penyusunan proposal ini memerlukan perbaikan dan kritik serta saran yang
sifatnya membangun. Sehingga penyusunan proposal di masa mendatang akan lebih
baik lagi. Untuk itu penyusun mohon saran dalam melengkapi proposal ini.
BAB VIII
LAMPIRAN
8.1 DENAH USAHA
8.2 SURAT KETERANGAN RT
8.3 BIODATA
PEMILIK
Nama : Taufik Aditiya
Jabatan : Pemilik Usaha
Tempat
Tanggal Lahir : Karanganyar, 24 Juli 1988
Agama
: Islam
Status : Belum Menikah
Alamat : Ds. Karanganyar, Kec. Wonosobo, Kab.
Tanggamus,
Lampung
Nomor
Telepon : 0852 9319 5006
Alamat
E-mail : dietaditya@gmail.com
Pendidikan
Terakhir : Manajemen Ekonomi (Proses)
Amin
BalasHapuspembahasannya lengkap dan rinci, terimakasih,, sangat bermanfaat
BalasHapusAplikasi Toko Sederhana
terima kasih telah membagikan proposal ini, saya mohon izin untuk menggunakan proposal ini. terima kasih banyak. sukses selalu
BalasHapusSangat membantu
BalasHapusContoh proposal usaha konveksi yang bagus. Bisa jadi rujukan bagi pengusaha industri kecil / UMKM bidang konveksi yang belum paham bagaimana cara menyusun proposal usaha yang baik
BalasHapusVisit Us Telkom University
BalasHapus