Selasa, 25 April 2017

Proposal Usaha Kecil Menengah Kecimpring Eko Jaya



Proposal Usaha Kecil Menengah
Kecimpring Eko Jaya
Di Susun Sebagai Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu: Dr. Drs. Sukirman S.Pd. SH. MM





Di susun Oleh:
Eko Satrio Herdiyanto                                              NIM. 201511080

 

FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
TAHUN AJARAN 2016/2017
 


ABSTRAK

Usaha Kecil Menengah Kecimpring

Penelitian ini bertujuan untuk membuka lowongan usaha di bidang  makanan, terutama makanan ringan. Dengan menganalisa kebutuhan dan keinginan para masyarakat  kita disa memanfaatkan sekeliling kita untuk di buat makanan yang dibutuhkan dan di inginkan para masyarakat terutama makanan  ringan. Kita lihat sekarang banyak yang membuka angkringan / caffe yang menyediakan tempat untuk para kaula muda agar bias bersantai, jika kita mengikat kontrak dengan itu semua untuk menyediakan makanan ringan yang murah kemungkinan besar mereka akan senang.
Banyak sumber daya alam di sekeliling kita yang bias kita manfaatka dengan biaya yang murah, contohnya ketela pohon yang bias kita manfaatkan menjadi kecrimping. Basan dasar ketela yang murah bias membuat peluang usaha kepada masyarakat yang mempunyai dana sedang, sehingga tidak perlu membutuhkan dana yang besar dalam pembuat usaha makanan ringan kecrimping.
Kesimpulan bagi para pembaca yaitu ada bias melihat peluang bisnis di bidang makanan ringan terutama yang berbahan dasar ketela pohon seperti proposal ini. Kita bias mengana lisa lagi jenis / bentuk yang unik dengan bahan dasar ketela untuk memikat para konsumen dan setrategi pasar agar untuk bersaing dengan yang lain.
KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah  tentang Usaha Kecil Menengah Kecimpring.
.

    Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
   
    Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
   
    Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
   

                                                                                      Kudus, 14 april 2017


DAFTAR ISI

Halaman
Abstrak…………………………………………………………………………… ii
Kata pengantar……………………………………………………………………iii
Daftar isi………………………………………………………………………….. 1
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………2
            Latar belakang……………………………………………………………..2
BAB II PROFIL PERUSAHAAN………………………………………………...3
BAB III STRUKTUR ORGANOSASI……………………………………………4
BAB IV PRODUK USAHA………………………………………………………5
1.      Jenis produk…………………………………………………………...5
2.      Pralatan yang di butuhkan………………………………………….….5
3.      Bahan baku………………………………………………………….…5
BAB V AKSES PEMASARAN
1.      Target dan segmentasi pasar…………………………………………..6
2.      Faktor kompetitif……………………………………………………...6
3.      Rencana penjualan…………………………………………………….7
BAB VI RENCANA KEUANGAN
1.      Peralatan yang di butuhkan……………………………………………8
2.      Biaya produksi / hari…………………………………………………..8
3.      Biaya penyewaan bangunan…………………………………………...9
BAB VII PENUTUP
1.      Kesimpulan…………………………………………………………..10
2.      Potensi usaha…………………………………………………………10
BAB VIII LAMPIRAN
a.       Denanh lokasi……………………………………………….………..11
b.      Surat keterangan RT………………………………………………….12


BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Kecrimpring adalah makanan ringan sejenis kripik, makanan ini renyah dan cocok buat nongkrong kaula muda serta kecrimping itu bahan dasarnya sangat murah dan simpel. Disamping itu juga ada khasiatnya yang bagus buat  tubuh kita jika di konsumsi. Saya membuat produk ini karena di jawa barat makanan ini lumayan di gemari serta bahan bakar yang murah kita bisa mengeluarkan dengan harga yang bisa di jangkau dari kalangan bawah sampai menengah
VISI:  
1.      Menjadi Perusahaan Penyedia Jasa Makanan yang Halal, Enak, Bermutu dan Terjamin
2.      Membuat lowongan pekerjaan
3.      Menjadi perusahaan yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat indonesia.

MISI:
1.         sementara menyediakan makanan ringan yang pedas, manis, asin
2.      Pembuatan  Dari bahan berkualitas dan terjamin segar dan halal
3.      Karyawan adalah aset penting Perusahaan, jadi harus membuat hubungan
          yang baik, tegas dan mempercayai satu sama yang lain.
4.      Membangun hubungan Karyawan dan Konsumen dengan baik
5.      Melayani dengan Etika yang baik
6.      Kepuasan Konsumen penghargaan tertinggi kami
7.      Inovasi adalah jatidiri kami
8.      Menyediaakan makan untuk kegembiraan 
9.       Membuat slalu menganalisa dan membuat riset untuk membuat kakanan yang enak dan disenangi masyarakat
BAB II
PROFIL PRUSAHAAN


            Profil usaha ini mejelaskan tentang nama usaha, jenis usaha dan foto denah yang kami miliki

NAMA USAHA        : KECRIMPING EKO JAYA
JENIS USAHA          : INDUSTRI PEMBUATAN KECRIMPING
                                      ( MAKANAN RINGAN )
ALAMAT                     : KLALING JEKULO KUDUS
DUKUH                       : JEPLOSO RT.03 RW.04


















BAB III
STUKTUR ORGANISASI



Eko Satrio                     : sebagai pemimpin perusahaan Kecrimping Eko Jaya
Andi Zeref                    : sebagai operator penggilingan ketela dan pencetakan    bentuk kecrimping.
                                        Upah kerja : Rp. 1.500.000,00 / bulan

Ginanjar Satrio                    : sebagai operator pengovenan kecrimping dan penggorengan.
                                        Upah kerja : Rp. 1.500.000,00 / bulan

Andre Aji                      : Sebagai packing kecrimping kedalam plastic dan kardus.
                                        Upah kerja : Rp. 1.500.000,00 / bulan




BAB IV
PRODUK USAHA


1.      Jenis Produk
Jenis produk yang saya buat yaitu jenis makanan ringan yang berbahan dasar ketela pohon yang renyah dan krispi, sejenis dengan kripik. Makanan ini juga beraneka macam pilihan rasa yaitu pedas, manis, asin.

2.      Peralatan Yang Di Butuhkan
a.       Oven listrik
b.      Blender
c.       Tabung gas
d.      Kompor
e.       Wajan penggorengan
f.       Nampan stainlis

3.      Bahan Baku
a.       450 grm singkong, kupas lalu parut
b.      5 buah cabe merah keriting, haluskan
c.       3 siung bawang putih, haluskan
d.      3 batang daun bawang, potong kecil-kecil
    ½ sdt gula pasir
e.       1 sdt penyedap rasa (atau sejenis masako)
f.       1 sdt garam
g.      Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng





BAB V
AKSES PEMASARAN


1.      Target dan Segmentasi Pasar
Target pemasaran yang saya tuju yaitu kepada anak muda yang sering nongkrong, masyarakat –masyarakat yang sedang bersantai, kebanyakan anak muda anak muda banyak yang senang dengan makanan ringan, apalagi yang krispi – krispi.

2.      Faktor kompetitif
Saya memilih kecrimping sebagai usaha karena kicrimping berbahan dasar dari ketela yang harga jual ketela termasuk murah di pasaran, sehingga bisa menekan harga penjualan agar bisa lebih murah dari yang lain. Dengan memberikan hara yang murah dan mengutamakan kualitas produk
kemungkinan kita bisa memasarkan produk lebih luas lagi dan bisa bersaing dengan produk – produk yang sudah mempunyai merk terkenal.

Selain itu juga kita harus mengetahui bahwa ada lima kekuatan yg menentukan karakteristik suatu industri, yaitu :
1)      Intensitas persaingan antar pemain yg ada saat ini,
2)      Ancaman masuk pendatang baru,
3)      Kekuatan tawar menawar pemasok,
4)      Kekuatan tawar pembeli, dan
5)      Ancaman produk pengganti.



3.      Rencana penjualan
Berikut ini ada beberapa rencana promosi makanan yang akan kami lakukan :
1.     Menentukan kualitas yang terbaik dari produk kita sehingga produk yang kita miliki bisa di percaya soal kualitasnya
2.      kita membuat harga yang rendah dulu agar konsumen banyak yang membeli dan tau kualitas produk kita
3.   Lewat brosur, atau spanduk. Cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang kami jual, biasanya makanan sampai dikonsumen melalui pesan antar atau sering disebut delivery.
4.  Direct selling. Melalui penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang dijual.
5.   Melalui internet / social mesia, cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti facebook, twitter, yahoo, BBM, dan lain-lain..
6. Melalui iklan radio, cara ini cukup lumayan walau tak ada gambar visual yang dapat terlihat tapi setidaknya pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat.










BAB VI
RENCANA KEUANGAN

1.      Peralatan Yang Di Butuhkan
a.       Oven listrik                       : Rp. 900.000,00
b.      Blender                             : Rp. 300.000,00
c.       Tabung gas                        : Rp. 900.000,00
d.      Kompor                             : Rp. 400.000,00
e.       Wajanpenggorengan         : Rp. 250.000,00
f.       Nampanstainlis                  : Rp. 70.000,00   x 20 : Rp. 700.000,00




2. Biaya produksi / hari:
Ø  Bahan baku
a.       150 kg singkong, kupaslaluparut        : Rp. 750.000,00
b.      1,5 kg cabe merah                               : Rp. 120.000,00
c.       1,5 kg bawang putih                           : Rp. 60.000,00
d.      1,5 kg batang daun bawang                : Rp. 20.000,00
e.       4 saset penyedap rasa                          : Rp. 2000,00
f.       4 liter Minyak goreng                          : Rp. 50.000,00

Ø  Biaya karyawan:
a.       Ginanjar satrio                                     : Rp. 1.500.000,00 / bln
b.      Andri zeref                                          : Rp. 1.500.000,00 / bln
c.       Bayu aji                                               : Rp. 1.500.000,00 / bln



3. Biaya bangunan penyewaan bangunan:
Ø  Biaya bangunan: Rp. 6000.000,00 / tahun.

Jadi total keseluruhan pengeluaran uang untuk membuat usaha yaitu:
Total : Rp. 10.510.000,00

Sumber Modal Biaya Total:
1.      EKO SATRIO H /
 Pemilik Perusahaan          : Rp. 7.510.000,-
2.      ALDI HENDRA/
Investor                             : Rp. 2.000.000,-
3.      MOH DICKY /
Investor                             : Rp. 1.000.000,-
















BAB VII
PENUTUP

1.      Kesimpulan
Membuat usaha di bidang pembuatan kecrimping untuk saat ini lumayan bagus. Pemasaran ketela yang sangat murah memberikan celah untuk merintis usaha di bidang pembuatan kecrimping, Kecrimping adalah makanan yang renyah tentu kalau makan keterusan tidak membuat jenuh, apa lagi buat kaula muda yang sering nongkrong dengan temen – temennya, untuk cemilan rumah, untuk menyuguhkan pada tamu itu tentu sangatlah cocok.

2.      Potensi usaha
Di lihat dari:
a.       Kebutuhan: makanan ringan itu banyak di minati orang – orang seperti buat tamu, bersantai, ngobrol – ngobrol sama teman tentu orang sering membuthkan.
b.      Pesaing: pesaing sekarang makin banyak bermunculan di pasaran, tapi bahan dari kecrimping itu sangatlah murah jadi dengan kualitas yang baik dan harga berani agak rendah dari yang lain usaha ini dapat ber potensi usaha yang baik.
Bagi yang mau usaha kecil –kecilan bisnis ini cukup memberikan peluang. Dengan mengandalkan modal yang tidak terlalu besar sudah bias membuat produk dan memasarkannya.jangan lupa demand dan supply harus seimbang untuk pemasarannya, dan jangan terburu – beuru mengambil laba besar yang terpenting itu kualitas.



BAB VII
LAMPIRAN
A. Denah Lokasi
Description: Description: G:\Android\Screenshot_2017-03-30-20-50-15_com.google.android.apps.maps.png


C. SURAT KETERANGAN RT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar