Proposal Usaha Kecil Menengah
Kecimpring Eko Jaya
Di Susun Sebagai Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu: Dr. Drs. Sukirman S.Pd. SH. MM
Di
susun Oleh:
Eko
Satrio Herdiyanto NIM.
201511080

FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
TAHUN AJARAN 2016/2017
ABSTRAK
Usaha Kecil Menengah Kecimpring
Penelitian ini bertujuan untuk membuka
lowongan usaha di bidang makanan,
terutama makanan ringan. Dengan menganalisa kebutuhan dan keinginan para
masyarakat kita disa memanfaatkan sekeliling
kita untuk di buat makanan yang dibutuhkan dan di inginkan para masyarakat
terutama makanan ringan. Kita lihat
sekarang banyak yang membuka angkringan / caffe yang menyediakan tempat untuk
para kaula muda agar bias bersantai, jika kita mengikat kontrak dengan itu
semua untuk menyediakan makanan ringan yang murah kemungkinan besar mereka akan
senang.
Banyak sumber daya alam di sekeliling
kita yang bias kita manfaatka dengan biaya yang murah, contohnya ketela pohon
yang bias kita manfaatkan menjadi kecrimping. Basan dasar ketela yang murah
bias membuat peluang usaha kepada masyarakat yang mempunyai dana sedang,
sehingga tidak perlu membutuhkan dana yang besar dalam pembuat usaha makanan
ringan kecrimping.
Kesimpulan bagi para pembaca yaitu
ada bias melihat peluang bisnis di bidang makanan ringan terutama yang berbahan
dasar ketela pohon seperti proposal ini. Kita bias mengana lisa lagi jenis /
bentuk yang unik dengan bahan dasar ketela untuk memikat para konsumen dan
setrategi pasar agar untuk bersaing dengan yang lain.
KATA PENGANTAR
KATA PENGANTAR
Dengan
menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan
puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat,
hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah tentang Usaha Kecil Menengah
Kecimpring.
.
Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Kudus, 14 april 2017
DAFTAR
ISI
Halaman
Abstrak…………………………………………………………………………… ii
Kata pengantar……………………………………………………………………iii
Daftar isi………………………………………………………………………….. 1
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………2
Latar
belakang……………………………………………………………..2
BAB II PROFIL PERUSAHAAN………………………………………………...3
BAB III STRUKTUR ORGANOSASI……………………………………………4
BAB IV PRODUK USAHA………………………………………………………5
1. Jenis
produk…………………………………………………………...5
2. Pralatan
yang di butuhkan………………………………………….….5
3. Bahan
baku………………………………………………………….…5
BAB V AKSES PEMASARAN
1. Target
dan segmentasi pasar…………………………………………..6
2. Faktor
kompetitif……………………………………………………...6
3. Rencana
penjualan…………………………………………………….7
BAB VI RENCANA KEUANGAN
1. Peralatan
yang di butuhkan……………………………………………8
2. Biaya
produksi / hari…………………………………………………..8
3. Biaya
penyewaan bangunan…………………………………………...9
BAB VII PENUTUP
1. Kesimpulan…………………………………………………………..10
2. Potensi
usaha…………………………………………………………10
BAB VIII LAMPIRAN
a. Denanh
lokasi……………………………………………….………..11
b. Surat
keterangan RT………………………………………………….12
BAB I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Kecrimpring
adalah makanan ringan sejenis kripik, makanan ini renyah dan cocok buat
nongkrong kaula muda serta kecrimping itu bahan dasarnya sangat murah dan
simpel. Disamping itu juga ada khasiatnya yang bagus buat tubuh kita jika di konsumsi. Saya membuat
produk ini karena di jawa barat makanan ini lumayan di gemari serta bahan bakar
yang murah kita bisa mengeluarkan dengan harga yang bisa di jangkau dari
kalangan bawah sampai menengah
VISI:
1. Menjadi Perusahaan Penyedia Jasa Makanan yang Halal, Enak,
Bermutu dan Terjamin
2. Membuat lowongan pekerjaan
3. Menjadi perusahaan yang bisa
meningkatkan taraf hidup masyarakat indonesia.
MISI:
1. sementara menyediakan makanan ringan
yang pedas, manis, asin
2.
Pembuatan Dari bahan berkualitas dan terjamin segar dan halal
3. Karyawan adalah aset
penting Perusahaan, jadi harus membuat hubungan
yang
baik, tegas dan mempercayai satu sama yang lain.
4. Membangun hubungan
Karyawan dan Konsumen dengan baik
5. Melayani dengan Etika
yang baik
6. Kepuasan Konsumen
penghargaan tertinggi kami
7. Inovasi adalah
jatidiri kami
8. Menyediaakan makan
untuk kegembiraan
9. Membuat
slalu menganalisa dan membuat riset untuk membuat kakanan yang enak dan
disenangi masyarakat
BAB II
PROFIL PRUSAHAAN
Profil
usaha ini mejelaskan tentang nama usaha, jenis usaha dan foto denah yang kami
miliki
NAMA USAHA : KECRIMPING EKO JAYA
JENIS USAHA : INDUSTRI PEMBUATAN KECRIMPING
(
MAKANAN RINGAN )
ALAMAT : KLALING JEKULO KUDUS
DUKUH : JEPLOSO RT.03 RW.04
BAB
III
STUKTUR
ORGANISASI

Eko Satrio : sebagai pemimpin
perusahaan Kecrimping Eko Jaya
Andi Zeref :
sebagai operator penggilingan ketela dan
pencetakan bentuk kecrimping.
Upah kerja : Rp. 1.500.000,00 / bulan
Ginanjar Satrio :
sebagai operator pengovenan kecrimping dan penggorengan.
Upah kerja : Rp. 1.500.000,00 / bulan
Andre Aji : Sebagai packing
kecrimping kedalam plastic dan kardus.
Upah kerja : Rp. 1.500.000,00 / bulan
BAB IV
PRODUK USAHA
1. Jenis
Produk
Jenis
produk yang saya buat yaitu jenis makanan ringan yang berbahan dasar ketela
pohon yang renyah dan krispi, sejenis dengan kripik. Makanan ini juga beraneka
macam pilihan rasa yaitu pedas, manis, asin.
2. Peralatan
Yang Di Butuhkan
a. Oven
listrik
b. Blender
c. Tabung
gas
d. Kompor
e. Wajan
penggorengan
f. Nampan
stainlis
3. Bahan
Baku
a. 450
grm singkong, kupas lalu parut
b. 5
buah cabe merah keriting, haluskan
c. 3
siung bawang putih, haluskan
d. 3
batang daun bawang, potong kecil-kecil
½ sdt gula pasir
e. 1
sdt penyedap rasa (atau sejenis masako)
f. 1
sdt garam
g. Minyak
goreng secukupnya, untuk menggoreng
BAB V
AKSES PEMASARAN
1. Target
dan Segmentasi Pasar
Target
pemasaran yang saya tuju yaitu kepada anak muda yang sering nongkrong,
masyarakat –masyarakat yang sedang bersantai, kebanyakan anak muda anak muda
banyak yang senang dengan makanan ringan, apalagi yang krispi – krispi.
2. Faktor
kompetitif
Saya
memilih kecrimping sebagai usaha karena kicrimping berbahan dasar dari ketela
yang harga jual ketela termasuk murah di pasaran, sehingga bisa menekan harga
penjualan agar bisa lebih murah dari yang lain. Dengan memberikan hara yang
murah dan mengutamakan kualitas produk
kemungkinan
kita bisa memasarkan produk lebih luas lagi dan bisa bersaing dengan produk –
produk yang sudah mempunyai merk terkenal.
Selain itu juga kita harus
mengetahui bahwa ada lima kekuatan yg menentukan karakteristik suatu industri,
yaitu :
1)
Intensitas persaingan antar pemain yg ada saat ini,
2) Ancaman masuk pendatang baru,
3) Kekuatan tawar menawar pemasok,
4) Kekuatan tawar pembeli, dan
5) Ancaman produk pengganti.
2) Ancaman masuk pendatang baru,
3) Kekuatan tawar menawar pemasok,
4) Kekuatan tawar pembeli, dan
5) Ancaman produk pengganti.
3. Rencana
penjualan
Berikut ini ada beberapa rencana
promosi makanan yang akan kami lakukan :
1.
Menentukan kualitas yang terbaik dari produk kita sehingga
produk yang kita miliki bisa di percaya soal kualitasnya
2.
kita membuat harga yang rendah dulu agar konsumen banyak
yang membeli dan tau kualitas produk kita
3. Lewat
brosur, atau spanduk. Cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang
kami jual, biasanya makanan sampai dikonsumen melalui pesan antar atau sering
disebut delivery.
4. Direct selling. Melalui penjualan langsung,
cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa
langsung promosikan makanan yang dijual.
5. Melalui
internet / social mesia, cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada
orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti facebook, twitter,
yahoo, BBM, dan lain-lain..
6. Melalui iklan radio, cara ini
cukup lumayan walau tak ada gambar visual yang dapat terlihat tapi setidaknya
pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat.
BAB
VI
RENCANA
KEUANGAN
1. Peralatan Yang Di Butuhkan
a. Oven listrik :
Rp. 900.000,00
b. Blender :
Rp. 300.000,00
c. Tabung gas :
Rp. 900.000,00
d. Kompor :
Rp. 400.000,00
e. Wajanpenggorengan :
Rp. 250.000,00
f. Nampanstainlis :
Rp. 70.000,00 x 20 : Rp. 700.000,00
2. Biaya produksi / hari:
Ø Bahan baku
a. 150 kg singkong, kupaslaluparut : Rp. 750.000,00
b. 1,5 kg cabe merah :
Rp. 120.000,00
c. 1,5 kg bawang putih : Rp. 60.000,00
d. 1,5 kg batang daun bawang : Rp. 20.000,00
e. 4 saset penyedap rasa : Rp.
2000,00
f. 4 liter Minyak goreng : Rp.
50.000,00
Ø Biaya karyawan:
a. Ginanjar satrio : Rp. 1.500.000,00 / bln
b. Andri zeref : Rp.
1.500.000,00 / bln
c. Bayu aji : Rp.
1.500.000,00 / bln
3. Biaya bangunan penyewaan bangunan:
Ø Biaya bangunan: Rp. 6000.000,00 / tahun.
Jadi
total keseluruhan pengeluaran uang untuk membuat usaha yaitu:
Total :
Rp. 10.510.000,00
Sumber
Modal Biaya Total:
1. EKO SATRIO H /
Pemilik
Perusahaan : Rp. 7.510.000,-
2. ALDI HENDRA/
Investor :
Rp. 2.000.000,-
3. MOH DICKY /
Investor :
Rp. 1.000.000,-
BAB
VII
PENUTUP
1. Kesimpulan
Membuat usaha di bidang
pembuatan kecrimping untuk saat ini lumayan bagus. Pemasaran ketela yang sangat
murah memberikan celah untuk merintis usaha di bidang pembuatan kecrimping,
Kecrimping adalah makanan yang renyah tentu kalau makan keterusan tidak membuat
jenuh, apa lagi buat kaula muda yang sering nongkrong dengan temen – temennya,
untuk cemilan rumah, untuk menyuguhkan pada tamu itu tentu sangatlah cocok.
2. Potensi
usaha
Di lihat dari:
a. Kebutuhan:
makanan ringan itu banyak di minati orang – orang seperti buat tamu, bersantai,
ngobrol – ngobrol sama teman tentu orang sering membuthkan.
b. Pesaing:
pesaing sekarang makin banyak bermunculan di pasaran, tapi bahan dari
kecrimping itu sangatlah murah jadi dengan kualitas yang baik dan harga berani
agak rendah dari yang lain usaha ini dapat ber potensi usaha yang baik.
Bagi
yang mau usaha kecil –kecilan bisnis ini cukup memberikan peluang. Dengan
mengandalkan modal yang tidak terlalu besar sudah bias membuat produk dan
memasarkannya.jangan lupa demand dan supply harus seimbang untuk pemasarannya,
dan jangan terburu – beuru mengambil laba besar yang terpenting itu kualitas.
BAB
VII
LAMPIRAN
A. Denah Lokasi

C. SURAT KETERANGAN RT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar